Inovasi Baru SMK Nuris Jember, Ciptakan Mobil Surya

Pesantren Nuris –  Siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Nuris Jember ciptakan inovasi baru dengan ciptakan Mobil Surya setelah sebelumnya berhasil menciptakan Moris (Mobil Nuris) bertenaga listrik.  Mobil Surya merupakan salah satu type kendaraan listrik yang memanfaatkan tenaga matahari untuk sumber dayanya. Sehingga mobil Surya tidak bergantung pada listrik.

Sampai saat ini proses pembuatan mobil surya sudah mencapai 30% dan digadang-gadang akan selesai dalam waktu 4 bulan ke depan. Kini yang sudah selesai dikerjakan di antaranya rangka, stering, pemindahan tenaga, dan dudukan motor lstrik. Rencananya dalam waktu dekat ini, mobil surya karya siswa SMK Nuris ini, akan diuji coba jalan, untuk mendeteksi kecepatan mobil.

Mobil Surya ini dibuat oleh 4 siswa SMK Nuris jurusan TKR yang memiliki kemampuan bidang otomotif bidang di atas rata-rata. Sebab keempat siswa tersebut merupakan anggota M-sains TKR. Mereka adalah M. Afifurahman (XII TKR), Fariki Irawan (XII TKR), Salman Hidayatulah (XI TKR), dan Sirajul Munir (X TKR).

Selain itu, mereka juga dibantu oleh Tafif Kamil alumni SMK Nuris Jember lulusan 2017 yang terlibat dalam pembuatan Moris (Mobil Nuris). Pembuatan Mobil Surya ini langsung di bawah pengawasan Firlan, S.T. selaku guru Otomotif SMK Nuris Jember. Tim pembuat Mobil Surya bekerja selama 4-5 jam sehari sepulang sekolah kadang kala di malam hari.

Mobil Surya ini, ditahabiskan memiliki kecepatan yang dua kali lipat lebih cepat dibanding dengan Mobil Nuris (Mobil Nuris). Sebab menggunakan motor listrik BLDC dengan controller 2000 watt teknologi Amerika yang dibeli dari Yogyakarta atau distributor Yogyakarta.

Mobil surya memiliki beberapa kelebihan yang berbeda dengan Moris, di antaranya segi bodi lebih menarik dan fantastik, memiliki kecepatan 2x lebih cepat karena menggunakan spesifikasi kontroler dan motornya lebih tinggi. Selain itu mobil surya tidak bergantung pada listrik, melainkan sinar matahari, tetapi mobil tersebut juga bisa menggunakan tenaga listrik.

Kesuksesan Moris diharapkan akan terulang pada mobil surya ini. “Kami berharap mobil surya ini bisa lebih eksis dari Moris. Target kami mobil surya ini akan selesai sebelum target,” ungkap Afif salah satu tim pembuat mobil surya.

(Baca juga : Presiden Jokowi pun Jajal Moris Jelajahi Pesantren Nuris Jember)

“Ini adalah inovasi baru dari kami, setelah sukses di Moris semoga kesuksesan tersebut terulang di mobil surya. Kami akan ciptakan hal-hal baru yang lebih kreatif lagi,” tutur Firlan, S.T pembina pembuatan Mobil Surya. (Red/Yuv)

 

Related Post