Sosialisasi Kader Kesehatan Nasional di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris- Petugas kesehatan Puskesmas Sumbersari berikan penyuluhan untuk santri Pesantren Nuris Jember. Peserta sosialisasi tersebut adalah delegasi dari masing-masing asrama Pesantren Nuris Jember. Santri pengurus kesehatan pun juga terlibat dalam penyuluhan tersebut.

Kegiatan tersebut digelar di masjid Baitun Nur (30/10/2017).  Penyuluhan kesehatan yang diberikan berkaitan dengan bahaya HIV/AIDS dan cara untuk menanggulangi penyakit tersebut. Selain itu, masalah-masalah mengenai Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) juga disosialisasikan.

Kegiatan penyuluhan tersebut dimaksudkan untuk membentuk kader-kader pembina Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) Pesantren Nuris Jember. Peserta terlihat begitu antusias, sebab petugas kesehatan Puskesmas Sumbersari menyampaikan materinya dengan baik dan tidak membosankan.

Melalui penyuluhan kesehatan tersebut, diharapkan kader-kader pembina Poskestren (Pos Kesehatan Masyarakat) dapat bertugas dengan baik, serta memberikan pelayanan prima untuk santri Pesantren Nuris Jember.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, peserta terlihat bersemangat. Di sesi tanya jawab, tidak sedikit dari mereka yang berebut untuk mendapat kesempatan bertanya. Melihat aksi peserta tersebut, petugas kesehatan Puskesmas Sumbersari terlihat kagum.

Situasi penyuluhan seakan semakin hidup, baik peserta maupun petugas kesehatan Puskesmas Sumbersari terlihat kompak. “Saya sangat salut dengan semangat peserta Nuris, di usia mereka yang masih tergolong anak-anak, mereka menyimak materi yang diberikan dengan baik,” ungkap salah satu petugas kesehatan Puskesmas Sumbersari.

“Selain itu, ketika sesi tanya jawab,mereka banyak yang ancungkan tangan untuk menyampaikan pertanyaannya. Semoga dengan adanya penyuluhan ini, peserta penyuluhan  bisa menjadi kader-kader Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) yang professional, dapat memberikan pelayanan yang prima untuk santri Pesantren Nurul Islam Jember,” tambahnya.

(Baca juga: SMA Nuris Jember Sosialisasikan Tata Tertib Sekolah dan Pesantren ke Wali Murid)

Penyuluhan kesehatan merupakan hal yang penting bagi santri, sebab santri bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

“ Penyuluhan ini, sangat bermanfaat bagi saya. Sebab saya bisa mengetahui bagamana cara  untuk menjaga kesehatan, bahaya dan cara menanggulangi HIV/AIDS, serta cara untuk mengelola Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) Pesantren Nurul Islam Jember,” ungkap salah satu santri asal MTs Unggulan Nuris Jember.(Red/Dian)

Related Post