Bulan Bahasa: Indonesia Menulis

Pesantren Nuris – Santri Pesantren Nuris Jember ikuti seminar dan lomba menulis essay (30/10/2017) di gedung Soetardjo Universitas Jember. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dalam rangka memperingati bulan bahasa dengan tema “Indonesia Menulis”.

Santri Pesantren Nuris Jember yang diberi kesempatan untuk ikuti acara tersebut adalah mereka yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik dan beberapa perwakilan dari anggota Islamic Studies Club (ISC) dan anggota Karya Tulis Ilmiah Nuris. Pengalaman baru bagi mereka bisa  mengikuti workhoop kepenulisan dan lomba menulis essay tersebut.

Sebelum lomba menulis essay digelar, peserta diwajibkan mengikuti Workshoop kepenulisan bersama Dr. Herawati, S.S., M.Hum perwakilan dari Balai Bahasa Makassar dan Drs. Yani Pargono, M.Pd. perwakilan dari Balai Bahasa Jawa Timur.

Dalam workshop tersebut, peserta diberi materi tentang seluk beluk essay sebagai salah satu bagian karya tulis ilmiah. Selain itu, mereka juga mendapat materi tentang cara untuk menulis essay. Hal yang ditekankan oleh kedua pemateri tersebut adalah seorang penulis berbeda dengan pengarang, menjadi penulis jauh lebih baik daripada pengarang.

Kedua pemateri sampaikan materi dengan baik dan jelas serta tidak membosankan, sehingga peserta tidak merasa boring. Bombastis, workshop dan lomba menulis essay tersebut diikuti oleh sekitar 500 siswa SMA sederajat se-Jember

Usai ikuti workshop peserta langsung diberi kesempatan untuk menulis essay dan dilombakan untuk diambil 3 penulis terbaik.

(Baca juga:Ketua DKD Jawa Timur Isi Seminar Kepramukaan di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember)

“Senang sekali bisa mengikuti workshoop dan seminar kepenulisan essay ini. Apalagi pematerinya adalah orang-orang hebat dari balai bahasa Makassar dan Jawa Timur. Keduanya menyampaikan dengan baik dan tidak membosankan sehingga kami tidak boring”, ungkap Iqnaul salah satu peserta acara tersebut. (Red/Ayu)

Related Post