Terbaik di Regional Jember, Hingga Tampil Sebagai Juara ECOLY Nasional di UNESA Surabaya

Pesantren Nuris – Terbukti prestasi SMA Nuris Jember semakin menggelora  di berbagai bidang. Kali ini, dua siswa SMA Nuris Jember berhasil juarai ajang ECOLY (Economy Olympiad) tingkat SMA sederajat se-Nasional di Universitas Negeri Surabaya (12/11/2017).

Dua siswa tersebut adalah Zulfa Maulida dan Nanang Khoirul Anam kelas XII IPA 1,  keduanya menamakan dirinya sebagai tim Ekonomi SMA Nuris Jember. Sebab olimpiade tersebut dilaksanakan secara beregu.

Tim ekonomi SMA Nuris Jember tersebut berhasil dapatkan juara harapan tiga dan berhasil dapatkan apresiasi berupa piala, medali, dan uang pembinaan senilai Rp. 200.000,00.  Tahun ini merupakan tahun kedua tim SMA Nuris Jember ikuti ajang ECOLY (Economy Olympiad) setelah sebelumnya belum berhasil membawa pulang juara.

Menyandang gelar juara bukan hal yang mudah bagi mereka, sebab proses panjang harus mereka lalui. Awalnya mereka harus ikuti seleksi regional Jember (5/11/2017). Bombastis sekali di regional Jember, tim ekonomi SMA Nuris Jember berada di urutan nomor satu dengan nilai 145, 5 mengalakan SMA Negeri 1 Genteng, SMA Negeri 1 Lumajang dan sekolah lainnya di regional Jember.

Di babak semifinal mereka dihadapkan dengan 50 soal pilihan ganda (multiple choice) dan 25 soal essay. Kerjasama yang baik terjalin di antara keduanya, hingga mereka lolos ke babak final. Di babak final mereka dihadapkan dengan cerdas cermat. Hingga akhirnya tim SMA Nuris Jember tampil sebagai peraih juara harapan tiga.

Benar-benar prestasi yang membanggakan, tim ekonomi SMA Nuris Jember berhasil kalahkan sekitar 1.200 peserta tingkat SMA sederajat se-Nasional. Prestasi tersebut membuktikan bahwa SMA Nuris Jember bisa bersaing dengan SMA Petra 2 Surabaya dan sekolah favorit lainnya.

Persiapan memang sudah dilakukan secara matang oleh Zulfa dan Nanang. Hampir setiap hari berlatih untuk mengerjakan soal-soal olimpiade ekonomi. Keduanya memang terkenal sebagai siswa yang pandai. Bahkan mereka merupakan siswa di kelas unggulan SMA Nuris Jember.

(Baca juga: Robotika Nuris, Berhasil Pertahankan Gelar Juara Nasional di Malang)

Kasi penjamin mutu siswa yayasan Nurul Islam Jember mengungkapkan bahwa dirinya bangga terhadap pencapaian siswa SMA Nuris Jember. “Saya bangga dengan prestasi anak didik saya, semoga mereka tidak berbangga diri dan terus berprestasi. Saya akan selalu memotivasi mereka untuk menjadi siswa berprestasi,” tutur Mila Karmila, S.Pd. selaku Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. (Red/Anis)

Related Post