Gelombang Kedua Prosesi Wisuda Santri Pesantren Nuris Jember, 241 Santri Diwisuda

Pesantren Nuris- Libur semester ganjil santri Pesantren Nuris Jember  dirasa akan tinggalkan kenangan indah. Pasalnya, sebelum liburan mereka harus ikuti rangkaian prosesi wisuda santri. Wisuda santri dibagi ke dalam dua gelombang, gelombang pertama untuk santri SMA, SMK, dan SMP Nuris Jember (16/12/2017). Sedangkan wisuda santri gelombang kedua untuk santri MA dan MTs Unggulan Nuris Jember (17/12/2017).

Digelarnya prosesi wisuda santri tersebut, sebagai wujud apresiasi Pesantren Nuris kepada santri yang sudah hafal kitab maupun tahfidzul Quran. Masjid Baitunnur menjadi saksi prosesi wisuda santri tersebut.

Wisuda santri gelombang kedua ini berlangsung begitu khidmat dan tampak lebih ramai. Total 241 wisudawan asal MA dan MTs Unggulan Nuris Jember diwisuda langsung oleh Gus Robith Qoshidi, Lc selaku pengasuh Pesantren Nuris Jember. Dalam prosesi wisuda tersebut beliau didampingi oleh majelis pengasuh yaitu Gus Abdurrahman Fathoni, Gus Rahmatullah Rijal, Ning Lailatul Happy Dian, Ning Balqis Al Humairo, dan Ning Hasanatul Kholidia yang terlihat begitu bersahaja di hadapan wisudawan dan wali santri.

Wisuda gelombang kedua ini, 241 santri diwisuda yang terdiri dari 104 santri asal MA Unggulan Nuris Jember dan 137 santri asal MTs Unggulan Nuris. Rincian wisudawan asal MA Unggulan Nuris Jember terdiri dari 5 santri hafal kitab Alfiyah 750 bait dan 1 santri hafal kitab Alfiyah 1000 bait. Sepuluh santri hafal kitab Alfiyah dan Fathul Qorib dan 24 santri hafal kitab Alfiyah dan Taqrib.  Sedangkan untuk paket kitab Imrithi dan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) terdapat 11 santri dan 38 santri hafal kitab Imriti 254 bait. Selain itu, 15 santri dinyatakan hafal 3-11 juz untuk paket wisuda Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ).

Pada wisuda gelombang kedua ini, total wisudawan MTs Unggulan Nuris adalah 137 santri dengan rincian, 114 santri hafal kitab Imriti 254 bait dan 23 santri hafal 3-15 juz untuk paket wisuda Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ).

(Baca juga: Wisuda Santri yang Mengagumkan, 129 Santri Hafal Kitab Kuning, 57 Santri Tahfidzul Alquran (hari ke-2)

Rincian prestasi wisudawan tersebut, membuktikan dedikasi Pesantren Nuris Jember dalam mengantarkan santri-santrinya untuk menjadi santri yang berprestasi. “Saya sangat bersyukur, Alhamdulilah wisuda perode kedua ini berjalan dengan lancar. Saya bangga dengan prestasi seluruh santri dalam menghafal kitab kuning dan Alquran,” tutur Gus Robith Qoshidim Lc. “Semoga di wisuda tahun depan, semakin banyak santri yang mampu menghafal kitab maupun Alquran, “ tambahnya.

Prosesi wisuda tersebut juga dihadiri oleh seluruh santri wali santri. Wali santri terlihat terharu dan bangga dengan capaian putra-putrinya. Sebab putra-putrinya termasuk dalam jajaran santri yang dipindahkan tali toganya oleh Gus Robith Qoshidi, Lc, selaku pengasuh Pesantren Nuris Jember.  “Alhamdulilah, saya bangga dengan prestasi putri saya. Saya tidak salah memilih Pesantren Nuris Jember untuk mereka,” ujar salah satu wali santri.

(Baca juga: Khidmatnya Prosesi Wisuda Gelombang Pertama Santri Pesanten Nuris Jember)

Dalam acara wisuda tersebut, wali santri tidak hanya menyaksikan prosesi wisuda putra-putrinya, melainkan juga diperlihatkan video jejak prestasi santri Pesantren Nuris selama semester ganjil ini, baik prestasi di bidang sains maupun nonsains. (Red/Yuv)

Related Post