Peserta NEC Takjub, Belajar Astronomi dengan Teleskop

Pesantren Nuris- Semangat peserta Nuris Excellent Camp (NEC) SMA Nuris Jember makin bergerilya.  Bersama M-Sains Astronomi Club, mereka diajak untuk praktik mengamati bulan menggunakan teleskop. Keseruan tersebut berlangsung di halaman SMA Nuris Jember, Selasa malam lalu (12/11/17).

Dengan tlaten anggota M-Sains Astronomi club memandu peserta Nuris Excellent Camp (NEC) SMA Nuris Jember untuk mengoperasikan teleskop. Tidak hanya itu, mereka juga belajar bagaimana melihat bulan. Satu persatu peserta Nuris Excellent Camp (NEC) SMA Nuris Jember bergantian praktik mengoperasikan teleskop hingga mengamati bulan.

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh peserta Nuris Excellent Camp (NEC), mereka mengatakan bahwa ternyata bulan memiliki dua wilayah yang menghadap ke bumi. Satu wilayah terang dan satu wilayah gelap.

Lagi-lagi mereka dibuat salut dengan fasilitas dan kegiatan pembelajaran di SMA Nuris Jember. Mulai dari robotika line follower, water rocket, dan lain-lain. “Nuris Excellent Camp (NEC) mengajarkan saya banyak hal, melalui NEC, untuk pertama kalinya saya bisa belajar mengoperasikan teleskop. NEC benar-benar mantab,” pungkas salah satu peserta NEC.

(Baca juga: Malam Terakhir NEC, Ukir Kenangan Indah di Nuris)

M-Sains Astronomi Club merupakan salah satu komunitas sains di Nuris. Club tersebut terdiri dari beberapa siswa yang mahir di bidang astronomi. Pengalaman anggota M-Sains Astronomi Club sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya mereka sudah beberapa kali melakukan pengamatan menggunakan teleskop dan mengikuti beberapa lomba astronomi.

Terakhir, mereka praktik mengamati bulan menggunakan teleskop di alun-alun Jember bersama Jastro (Jember Astronomi). Selain itu, anggota M-Sains Astronomi Club tersebut juga pernah mengikuti debat astronomi tingkat nasional di Jakarta. Berbagi ilmu dengan peserta Nuris Excellent Camp (NEC) merupakan suatu kebahagiaan bagi mereka.

(Baca juga: Peserta NEC Salut dengan Moris dan Mobil Surya SMK Nuris Jember)

“Kami dari M-Sains Astronomi Club senang sekali bisa berbagi ilmu mengenai astronomi kepada adik-adik peserta NEC. Semoga nanti mereka bisa bergabung bersama kami untuk menekuni dunia astronomi, ujar Fajri salah satu anggota M-Sains Astronomi Club. (Red/Yuv)

Related Post