Tazkia Aulia Az Zahra, Hafizah 5 Juz MTs Unggulan Nuris, Juara 2 se-Jawa Timur

Tazkia Aulia Az Zahra, Hafizah 5 Juz MTs Unggulan Nuris, Juara 2 se-Jawa Timur

Pesantren Nuris – Ajang MOSAIC (Majesa Olympad Science and Social) 2018 tingkat SMP/MTs sederajat se-Jawa Timur benar-benar menjadi peruntungan bagi Tazkia Aulia Az Zahra. Siswa binaan Tahfizul Quran Intensif MTs Unggulan Nuris ini meraih juara 2 lomba MHQ (Musabaqoh Hifzil Quran) 5 juz di ajang tersebut (20/01/2018).

Cabang lomba 5 juz yang diselenggarakan di MAN 1 Jember ini diikuti oleh 45 peserta dari berbagai sekolah atau madrasah di daerah Jawa Timur. MTs Unggulan Nuris sendiri mendelegasikan sekitar 7 siswa terbaiknya dalam ajang tersebut.

Perlombaan ini berlangsung dalam 1 babak sehingga pengumuman juara langsung diinformasikan oleh Dewan Juri. Para juara tersebut yakni, Makinatul Aminah dari MTs N 1 Jember sebagai juara 1 dengan nilai 99, Tazkia Aulia Az Zahra dari MTs Unggulan Nuris sebagai juara 2 dengan nilai 97, M. Riza Fahim Azizi dari MTs At Taqwa Bondowoso sebagai juara 3 dengan nilai 94.

(baca juga: Raih Juara 3 Khitobah Se-Jawa Timur, Royhan Afthon Syadida, Kebanggaan MTs Unggulan Nuris)

Sedangkan peraih juara harapan 1 direbut oleh Sherly Amriya dari SMP Al Muthohhirin dengan nilai 93, dan Aditya Saputra dari MTs N 1 Lumajang sebagai juara aharapan 2 dengan nilai 93. Mereka masing-masing mendapat tropi, sertifikat juara, dan uang pembinaan masing-masing bernilai 1 juta, 8 ratus ribu, 6 ratus ribu, 4 ratus ribu, dan 2 ratus ribu rupiah.

“Lomba tahfiz kali ini tergolong berat, apalagi yang juara 1-nya memang pernah mewakili kafilah MTQ Kabupaten Jember ke tingkat provinsi untuk kategori MHQ 10 juz. Saya mendapat juara 2 alhamdulillah semoga barokah dan terus meningkatkan hafalan saya.” Kata Tazkia, siswa kelas 8 D ini.

(baca juga: Dua Siswa MTs Unggulan Nuris, Menangkan Olimpiade Ujian Nasional se-Jember)

Menonjolnya prestasi menghafal Alquran di MTs Unggulan Nuris memang patut diapresiasi. Pengembangan pembelajaran Alquran semakin ditingkatkan dengan mengombinasi kurikulum Al Azhar Mesir dengan kurikulum nasional. Sejak 2 tahun lalu terbentuk kelas khsusus tahfiz, prestasi demi prestasi mulai membanjiri Pesantren Nuris Jember, khususnya MTs Unggulan Nuris.

Ustad Berril, Pembina tahfiz MTs Unggulan Nuris mengungkapkan, “Sebenarnya potensi siswa kami lebih baik dan bisa juara. Namun juri tampaknya kurang pengalaman lomba tahfiz, tapi tak apalah tetap kita syukuri semoga di lain kesempatan kita bisa lebih baik lagi.”[AF.Red]

 

Related Post