Karantina Khusus, Latihan Soal, Siswa Msains Siap Bersaing di OSK 2018

Pesantren Nuris – Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) benar-benar menarik perhatian siswa anggota Madrasah Sains (M-Sains) Nuris. Pasalnya, persiapan hadapi Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) sudah dilakukan, meskipun pelaksanaan olimpiade tingkat kabupaten tersebut tergolong masih lama.

Tidak semua siswa anggota M-Sains Nuris bisa ikuti Olimpiade Sains Kabupaten (OSK). Sebab hanya siswa  terpilih dengan nilai Olimpiade Sains Sekolah (OSS) tertinggi di masing-masing bidang. M-Sains Nuris telah menyelenggarakan Olimpiade Sains Sekolah (OSS) untuk menggali potensi siswa yang siap hadapi Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) di beberapa bidang.

“Beberapa waktu lalu, kami sudah mengadakan Olimpiade Sains Sekolah (OSS) untuk semua siswa anggota M-Sains Nuris. Selain untuk menguji sampai di mana kemampuan siswa, OSS ini digelar untuk persiapan Olimpiade Sains Kabupaten (OSK). Pasalnya dari hasil OSS akan muncul siswa peraih nilai tertinggi, sehingga muncul beberapa siswa yang siap hadapi OSK,” Ungkap Desy Maya, kepala M-Sains Nuris.

Bidang-bidang tersebut diantaranya, Fisika, Kimia, Matematika, Astronomi, Ekonomi, dan lain-lain.  Hal ini menunjukkan bahwa Nuris tidak hanya memperhatikan pengetahuan tentang keagamaan saja, melainkan ilmu pengetahuan umum juga.

(Baca juga: Gelar Tasyakuran, Prestasi M-Sains Nuris Makin Melimpah)

Persiapan yang mereka lakukan diantaranya, membaca buku-buku referensi, berlatih soal-soal olimpiade sesuai dengan bidangnya masing-masing, pembinaan intensif bersama tentor masing-masing, serta tak lupa berdoa.

“Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) bukanlah hal yang bisa diremehkan. Pasalnya persaingan begitu ketat. Oleh karena itu, kami persiapkan mulai dari sekarang. Kami sangat ingin mengharumkan nama Nuris,” Ujar Ayu siswa yang tergabung dalam M-Sains Sejarah.

Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) tahun lalu, sudah mengantarkan siswa Nuris pada beberapa gelar kejuaraan di antaranya, olimpiade Biologi, Fisika, Matematika, Biologi, dan lain-lain.

(Baca juga: Peringati World Space Week, MSains Astronomi Observasi Sunspot)

M-Sains Nuris merupakan wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakatnya. Sebab, tidak hanya bidang Sains yang digali didalamnya, tetapi juga Karya Ilmiah Remaja (KIR), Robotika, Programming, dan lain-lain. Siswa yang tergabung dalam M-Sains Nuris merupakan siswa pilihan dari masing-masing lembaga yakni SMP dan MTs Unggulan Nuris Jember, SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris Jember. (Red/Yuv)

Related Post