Resensi Buku Masail Santri dan Kalam Hikmah Para Masyayikh dan Alumni Lirboyo

Judul Buku     : Masail Santri dan Kalam Hikmah Para Masyayikh dan Alumni Lirboyo

Penulis           :  Kodifikasi Santri Lirboyo Angkatan 2014

Tebal              : Ukuran 10,5×16 cm

Jumlah Halaman : 238 halaman

Cetakan pertama : Mei 2014

Penerbit              : Santri Sasat Press

Peresensi           : Ahmad Zadun Naja

 

Seiring berjalannya waktu, permasalahan-permasalahan hokum yang ada sekarang ini semakin lama semakin banyak. Apalagi jika kita hidup di lingkungan kaum sarungan (Pesantren), maka kita akan dikejutkan dengan hal-hal baru yang belum pernah kita jumpai sebelumnya terutama masalah-masalah hokum Islam.

Sebagai santri yang hidup di lingkungan pesantren dengan disiplin ilmu agama yang ketat, mereka senantiasa berusaha untuk mengamalkan dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan nyata (bermasyarakat), tetapi ada masalah-masalah sepele di sekitar pesantren yang kadang luput dari pembahasan hukum.

Kajian Bahsul Masa’il ini, cukup responsif dalam angkat tema-tema besar yang terjadi di masyarakat dan kajian-kajian tersebut sampai sekarang masih eksis dan relevan karena sudah menjadi adat istiadat pesantren salaf yang sejak dahulu terkenal dengan musyawarahnya dengan pemikiran-pemikiran kritis para santri.

Melihat fakta demikian Tim Kreatif Kajian Tanya jawab (Tirakat) siswa MHM angkatan 2014 m, mencoba untuk menelisik lebih dekat terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan santri dengan mengkaji validitas hukum daari literatur karya ulama  salaf. Selain itu, mereka juga mengkodifikasikan semua hukum yang telah selesai mereka kaji menjadi satu.

(Baca juga:Mengenang Jenderal Soedirman, Tunas Kekuatan TNI Sejak 72 Tahun Lalu)

Dalam buku Masa’il Santri ini, Tim Kreatif Kajian tanya jawab (Tirakat) berusaha menghadirkan jawaban dari persoalan-persoalan tersebut dengan pendekatan khas pesantren tidak hanya jawaban saja, tapi dalam buku ini juga disertai. Referensi syarh dari berbagai macam kitab tebal, seperti Fiqh Islami, Fiqh Manhajiala, Madihabi Imam Syafi’I, Bughyatul Mustarsyidin dan kitab-kitab ternama lainnya.

Buku ini diciptakan karena begitu pentingnya hukum Islam bagi para pelajar. Kemudian, buku ini memiliki maksud untuk memudahkan pembaca untuk tidak susah-susah mencari jawaban. Satu persatu dari sekian banyaknya kitab yang ada. Selain karena itu semua buku ini juga merupakan sebuah bentuk syiar agama dari kalangan esantren salaf untuk memudahkan kita dalam hal beribadah dan juga bersosial.

(Baca juga: Resensi Buku Cara Sakti Bikin Otak dan Ingatanmu Secerdas EINSTEIN dan Setajam SILET!)

Meskipun buku ini masih ada kekurangan dalam hal tata bahasa yang masih bercampur dengan kejawaan yang mungkin karena lingkungan yang mempengaruhi, namun buku yang disusun oleh teman-teman dari tim tirakat ini merupakan sebuah bukti nyata kemampuan seorang santri yang juga ahli dalam bidang tulis menulis.

Peresensi adalah Ahmad Zadun Naja, salah satu siswa MA Unggulan Nuris Jember kelas X PK A. Dia juga merupakan siswa yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik.

Related Post