Antologi Cerpen Siswa SMA Nuris Jember dapat Apresiasi dari K-Radio Jember, Sudah Banyak yang Order

Antologi Cerpen Siswa SMA Nuris Jember dapat Apresiasi dari K-Radio Jember, Sudah Banyak yang Order

Pesantren Nuris – Menjadi kebanggaan tersendiri bagi siswa SMA Nuris Jember, antologi cerpen karya mereka dapat apresiasi dari K-Radio Jember. Kumpulan cerpen pilihan SMA Nuris Jember ini baru saja terbit hari Kamis, 15 Februari 2018. Meski belum di-lauching, sudah dipamerkan di Expo Beasiswa Unggulan SMA Nuris Jember gelombang 3 pada Ahad, 18 Februari 2018 kemarin dan ada beberapa yang sudah order.

“Kami dari K-Radio Jember sangat mengapresiasi karya siswa yang mampu menerbitkan buah literasi yang serius begini. Sangat jarang loh ya, sekolah di Jember mewadahi kreativitas literasi siswanya sebaik ini. Mungkin ini pertama di Jember, ada antologi cerpen siswa sebagus ini.” kata Kak Lisa, wartawan dari K-Radio Jember

(baca juga: Usai Bersaing Ketat, Inilah Peraih Beasiswa Unggulan SMA Nuris Jember Gelombang 3)

“Bisa jadi ini dilirik oleh Diknas loh, untuk dikembangkan dan dipromosikan. Dan ternyata di SMA Nuris Jember sebelumnya sudah mengembangkan literasi, ada kumpulan puisi, kumpulan cerpen lainnya, serta novel juga ada. Semua bidang di SMA Nuris Jember juga juga didukung oleh kepala sekolah baik akademik, keterampilan, maupun olahraganya.” Imbuhnya.

“Saya juga bersyukur sudah bisa mewawancarai langsung penanggung jawab Antologi Cerpen SMA Nuris Jember, editor, dan penulisnya juga. Tasya Dea, siswa kelas XI IPA 1, dan Ayu Novita Sari, siswa kelas XI IPS 1, sudah membeberkan proses kreativitas dan tujuannya menulis cerpen sebaik ini. Semoga tetap semangat terus berkarya.”

Buku kumpulan cerpen karya siswa SMA Nuris Jember ini telah dipersiapkan mulai bulan Oktober tahun lalu. Dari 32 karya siswa SMA Nuris Jember, diseleksi lagi hingga menjadi 9 karya terbaik yang layak dibukukan. Karya bertema pesantren ini ditujukan untuk menggali kreativitas siswa sekaligus santri yang disandang oleh mereka, agar memunculkan daya narasi baru dan positif.

(baca juga: Mahir Berbahasa Inggris, Nur Laylatul Izzah Gondol Juara Speech Contest di Ponorogo)

“Ini juga sebenarnya buah dari MGMP Bahasa Indonesia internal di Yayasan Nurul Islam Jember. Setelah terbit yang SMA Nuris Jember, Insya Allah ada 4 lembaga seperti SMP, MTs, SMK, dan MA Unggulan Nuris juga menerbitkan karya terbaiknya. Semua karya mereka langsung memiliki hak cipta atau ISBN-nya.” Kata Mila Karmila, koordinator MGMP Bahasa Indonesia Nuris.

Penulis yang tercantum dalam antologi cerpen SMA Nuris Jember ini yakni, Afifah, Alfi Maisatul, Aulia Nabila, Ayu Novita Sari, Faradilla Mutiara Nisa, Leny Septia, Muhammad Fajri Kholili Zain, Nuraidina Rifki Fitria, dan Tasya Dea. Antologi Cerpen SMA Nuris Jember ini berjudul Lemari Pengucap karya Tasya Dea, sebab karya ini terpilih sebagai cerpen terbaik karya siswa bertema pesantren.[AF.Red]

foto cover buku antologi cerpen SMA Nuris Jember

foto saat wawancara penulis buku dan wartawan K-Radio Jember

Related Post