Dewi Mar’atul Izza, The Next Generation of MA Unggulan Nuris, Rebut Juara Khitobah Provinsi di Malang

 

Pesantren Nuris – MA Unggulan Nuris terus berkibar dengan prestasi yang gemilang. Dalam ajang Dies Natalis UNISMA (Universitas Islam Malang) ke-37, Dewi Mar’atul Izza raih juara 3 khitobah atau pidato bahasa Arab tingkat SMA/MA sederajat se-Provinsi Jawa Timur (25/02/2018).

Gadis cantik dan cerdas ini masih duduk di bangku kelas X PKA di MA Unggulan Nuris. Meski demikian, mental juara dan potensi yang dimilikinya sangat luar biasa. Terbukti dia mampu menyisihkan lebih dari 40 peserta dari berbagai sekolah di Jawa Timur.

“Persiapan saya tidak begitu lama sih, sebab sekitar sepuluh hari sebelum lomba saya mencoba berkompetisi di Probolinggo di ajang taqdimul qisshoh. Ini ekskul baru di Nuris, dan saya memberanikan diri ikut, meski masih belum beruntung. Namun, saya tak patah semangat dan ikut lagi di even yang lebih bergengsi di UNISMA hingga akhirnya juara 3.” Kata Izza.

(baca juga: Meski Sibuk Persiapan Ujian Akhir, Azizah masih Ngebut Raih Juara MTQ Provinsi di UNISMA)

“Saya dilatih oleh dua guru terbaik bidang bahasa Arab di Nuris yakni, Ustazah Wardatul Badriyah, lulusan Yaman, dan Ustaz Baihaqi, santri dari Dalwa. Yang penting sudah berusaha dan mendapat restu abah dan umi Alhamdulillah mampu menyumbangkan piala untuk MA Unggulan Nuris.”

Izza, sapaan akrabnya di MA Unggulan Nuris, selain langganan juara pidato bahasa Arab sejak masih di MTs Unggulan Nuris, dia juga pandai baca kitab seperti Imrithi, Jurumiyah, Safinatun Naja, Alfiyah, hingga Fathul Qorib. Jadi, sudah terbiasa dengan bacaan berbahasa Arab. Apalagi Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam membentuk ekstrakurikuler nonsains bidang khitobah yang tertata dan terjadwal sehingga mampu melatih Izza dan siswa-siswa lainnya berprestasi.

(baca juga: Mahir Kitab Fathul Qorib, Dua Siswa MA Unggulan Nuris Ini Juara Matematika Se-Eks Keresidenan Besuki)

“Ini menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Izza, sebelumnya dia ikut lomba baca kitab meski masih juara harapan. Kini dia semakin matang sehingga mampu bersaing menjadi juara pidato bahasa Arab tingkat provinsi lagi. Juara 1 diraih oleh MAN 2 Mojokerto, juara 3 diraih oleh MA Zaha Probolinggo. Dia hanya selisih 1 poin dengan yang juara 1, sayang sekali.” Ungkap Mila Karmila, kepala Seksi Penjamin Mutu Siswa tersebut.

“Sebelumnya, MA Unggulan Nuris sering juara pidato bahasa Arab melalui talenta Taufiqurrohman Afandi yang kini sudah kelas XII. Ada juga sosok M. Haqiqi yang juga jawara khitobah yang kini duduk di kelas XI. Sekarang ada Dewi Mar’atul Izza, masih kelas X dan bersemangat tinggi untuk terus juara. Semoga piala khitobah terus bertambah prestasinya.” Imbuhnya.[AF.Red]

 

 

Related Post