Kantongi Sertifikat Mekanik Profesional, 6 Siswa Terbaik SMK Nuris Jember, Undangan Prakerin Khusus di Ahass

Kantongi Sertifikat Mekanik Profesional, 6 Siswa Terbaik SMK Nuris Jember, Undangan Prakerin Khusus di Ahass

Pesantren Nuris – Kepala SMK Nuris Jember, Haryono, terus meluncurkan program unggulan untuk mewujudkan kualitas output siswanya ke dalam dunia industri. Hari Senin, 12 Februari 2018 lalu, 6 siswa tebaik SMK Nuris Jember Program Studi Teknik Sepeda Motor (TSM) lolos uji kompetensi dan keahlian (UKK) di MPM (Mitra Pinasthika Mulia) Learning Center, Sidoarjo.

Siswa terbaik SMK Nuris Jember Prodi TSM tersebut yakni, Ahmad Sanusi, Muhammad Ainul Dava, Muhammad Asrur Rodi, Muhammad Ilham Hakiki, Muhammad Zainal Arifin, dan Syahrul Yasin. Mereka adalah siswa kelas XII SMK Nuris Jember dan telah siap masuk berkompetisi di Industri Teknis Sepada Motor.

Setelah terjalin kerja sama dengan Perusahaan Motor Kenamaan, Honda, Prodi TSM SMK Nuris Jember semakin “bertaji”. Mereka memiliki sarana perbengkelan yang standar Honda, mulai dari sepeda motor karburator hingga injeksi. Kini pun Prodi TSM SMK Nuris Jember sudah berhak mendapat label Kelas Honda sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 dimulai.

(baca juga: Manajer Axioo Launching Axioo Class Programme SMK Nuris Jember)

Berkat kerja sama dengan Honda tersebut, 6 siswa terbaik dari SMK Nuris Jember Prodi TSM mendapat kesempatan mengikuti UKK di MPM Learning Center, Sidoarjo. Terdapat 6 materi pokok yang akan diujikan kepada siswa tersebut. Di antaranya, Penyetelan Valve, Penyetelan Rem, Penyetelan Idle Screw, Penyetelan Handle Gas, Reset ECM dan Altitude, serta Kerapian.

Dengan persiapan yang matang, siswa SMK Nuris Jember tidak grogi menghadapi ujian tersebut. Mereka telah terbiasa dengan materi keteknikan sepeda motor, dan beberapa di antara siswa tersebut memiliki prestasi dalam ajang HTSC (Honda Technical Skill Competition) 2017 lalu. Sekitar kurang lebih 3 sampai 5 jam UKK berlangsung, FX Widijanto, Kepala Teknisi Penguji, merekap instrumentasi penilaian.

Hasil penilaian penguji tersebut disebutkan bahwa keenam siswa terbaik SMK Nuris Jember Prodi TSM ini lolos secara mutlak dengan nilai rata-rata 90 %. Atas capaian ini, mereka mendapat sertifikat MT 1 atau yang dikenal dengan sertifikat Mechanical Technical kelas 1 dan cukup profesional sebagai teknisi dasar di segenap perusahaan motor, khususnya Honda.

“Yang kami ikutkan semua siswa kelas akhir di SMK Nuris Jember. Alhamdulillah ini pertama kali kami ikuti dan sukses. Meski awalnya agak grogi sih dikit, tapi anak-anak mampu melewati semua tes dengan baik. Mereka telah teruji dan mengantongi Sertifikat Keahlian MT 1.” Kata Dani Suherman, Kepala Prodi TSM SMK Nuris Jember yang turut mendampingi anak didiknya.

(baca juga: Integrasi Pesantren dan SMK Nuris Jember, Bentuk Siswa Berkhlak dan Etos Progresif)

Dia juga menambahkan, “Tahun depan satu kelas XII TSM SMK Nuris Jember akan kami ikutkan UKK di MPM Learning Center Sidoarjo. Semoga tambah sukses SMK Nuris Jember ke depannya. Selain itu, kami juga mendapat undangan prakerin (Praktik Kerja Industri) di Ahass se-Kabupaten Jember untuk siswa kelas XI TSM. Kami sudah siapkan 22 anak magang di sana.”

Kali ini SMK Nuris Jember terus meningkatkan kualitas siswa dan lulusannya. Persaingan dunia industri yang semakin ketat, Haryono, membuat strategi khusus agar dapat mengarungi lapangan kerja dengan kompetitif. Termasuk juga terobosan membuat Kelas Program Axioo, ini sebuah terobosan menjawab tantangan dunia digital yang telah disiapakan oleh SMK Nuris Jember.[AF.Red]

foto salah satu siswa SMK Nuris Jember saat UKK bersama FX Widijanto

foto siswa SMK Nuris Jember saat fokus UKK di MMP Learning Center, Sidoarjo

foto 6 siswa terbaik SMK Nuris Jember di depan gerbang MPM Learning Centre, Sidoarjo

 

 

Related Post