Siswa SMA Nuris Jember, Berotak Jenius, Borong Juara Olimpiade Matematika Se-Jatim

Pesantren Nuris– Kemampuan berhitung siswa SMA Nuris Jember tidak dapat diragukan lagi. Terbukti dua siswa SMA Nuris Jember gondol dua piala Provinsi Jawa Timur dalam ajang Olimpiade Matematika tingkat SMA/sederajat se-Jatim. Dua siswa SMA Nuris Jember tersebut adalah Siti Fatimatuzzahro siswa kelas XII IPA 1 sebagai juara 1. Marisca Nola, A.P. siswa kelas XI IPA 1 sebagai peraih harapan 2.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyyah Jember. Babak penyisihan dilaksanakan 28 Januari 2018 dengan mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Sedangkan babak final dan semifinal dilaksanakan tanggal 4 Februari 2018. Babak semifinal dilaksanakan dengan mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 40 soal. Babak final dilaksanakan dengan model presentasi.

Di babak penyisihan, dua siswa SMA Nuris Jember kalahkan ratusan peserta dan berhasil menjadi 50 peserta terbaik untuk berlanjut ke babak semifinal. Di babak semifinal mereka berhasil menjadi 10 peserta terbaik dan berlanjut ke babak final. Di babak final mereka diberi kesempatan untuk memilih amplop yang berisikan soal, kemudian mereka diberi waktu tiga menit untuk mengerjakan soal tersebut dan tiga menit berikutnya untuk presentasi.

Pembinaan intensif diikuti keduanya selama kurang lebih dua minggu untuk menghadapi babak penyisihan dan tiga hari untuk menghadapi babak semifinal dan final. Lelah mereka terbayarkan dengan capaian membanggakantersebut. “Alhamdulilah saya senang sekali bisa dapatkan juara 1 dalam olimpiade Matematika se-Jatim ini. Selain itu, saya bisa mengharumkan nama SMA Nuris Jember, “Kata Fatim.

Ketatnya persaingan yang terjadi bukan menjadi bumerang bagi keduanya untuk  tampil prima. Pasalnya dua siswa SMA Nuris Jember ini, bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain seperti SMA Negeri 2 Jember sebagai peraih juara 2, MAN 2 Jember sebagai juara 3, dan SMA 4 Jember sebagai juara 6.

Keduanya merupakan siswa yang gemar menghitung dan suka dengan pelajaran Matematika. Bakat yang mereka miliki akan terus diasah untuk menjadi siswa berprestasi. “Saya akan semakin giat lagi untuk belajar dan saya akan ikuti olimpiade Matematika lainnya untuk mengasah kemampuans aya dan mengharumkan nama SMA Nuris Jember, “ kata Marisca.

(Baca juga: Program Matrikulasi Matematika Dasar SMA Nuris Jember, Terobosan Mencetak Generasi Sains Unggul)

Gus Robith Qoshidi, Lc. Kepala SMA Nuris Jember mengaku bangga dengan prestasi siswa sekolah yang dipimpinnya. Beliau akan terus mengadakan inovasi untuk semakin berprestasi. “Alhamdulilah prestasi SMA Nuris Jember semakin melalang buana, ssemoga akan semakin meningkat dan saya akan terus mengadakan inovasi guna tingkatkan kualitas SMA Nuris Jember,” tutur Gus Robith  kepala SMA Nuris Jember. (Red/Yuv)

 

Related Post