Ragam Media Upaya dalam Mengenalkan Situs Duplang Terhadap Dunia

*Penulis : Ayu Novitasari, siswa kelas XI IPS 1 SMA Nuris Jember. Penulis merupakan siswa yang tergabung dalam M-Sains sejarah.

Jember merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur. Kabupaten Jember ini dikenal sebagai kota agraris dan penghasil komoditas pertanian seperti padi, jagung, dan kedelai. Tidak hanya itu, Kabupaten Jember juga mempunyai banyak potensi wisata, baik wisata alam maupun wisata buatan. Berbagai wisata tersebut, dapat menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai kota hingga mancanegara.

Namun, dari berbagai tempat wisata yang berada di Jember, terdapat beberapa tempat wisata yang mulai dilupakan oleh masyarakat Jember khususnya dikalangan remaja. Hal itu terjadi karena tempat wisata tersebut tidak terlalu dikenal dan kurang menarik tempat wisata yang di maksud seperti tempat wisata berbasis sejarah . Para remaja di zaman milenial ini tidak lagi menoleh terhadap wisata-wisata berbasis sejarah . Terdapat berbagai factor yang menjadikan para remaja tidak berminat untuk berkunjung ke tempat wisata bersejarah .

Pada faktanya wisata yang memiliki nilai sejarah tidak diminati karena terkesan kuno dan tidak terkenal. Terdapat beberapa wisata bersejarah yang memiliki tingkat minat rendah di daerah Jember, seperti wisata duplang . Duplang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang tidak lagi dikenal oleh masyarakat Jember.

Situs Duplang ini merupakan situs yang memiliki beberapa koleksi peninggalan sejarah pada zaman megalithikum. Koleksi-koleksi artefak yang ada di situs Duplang antara lain, menhir, dolmen, sarkofagus, dan batu kenong. Koleksi-koleksi tersebut dengan memiliki nilai filosofi yang berhubungan dengan keyakinan manusia pada zaman dahulu.

Hal tersebut secara tidak langsung mengenalkan Kota Jemberber sebagai salah satu kota wisata di daerah sejarah di Jember Jawa Timur. Berbagai peninggalan sejarah tersebut bisa dapat menjadi bukti bahwa Kota Jember pernah menjadi lintasan sejarah manusia pada masa lalu. Peninggalan bersejarah yang terdapat di wisata Duplang Kabupaten Jember dapat menjadi salah satu untuk mengembalikan sejarah yang pernah terlupakan di daerah Kabupaten Jember.

Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk mengemukakan sebuah gagasan dalam mengenalkan kembali wisata Duplang menggunakan ragam media. Hal tersebut dilakukan dalam upaya pengenalan kembali wisata Duplang terhadap masyarakat khususnya di kalangan remaja. Wisata Duplang dapat dilakukan melalu berbagai media komunikasi seperti televisi, media sosial, radio, dan lain sebagainya. Sehingga menjadikan wisata Duplang lebih dikenal oleh banyak individu dari berbagai kalangan. Cara ini adalah salah satu cara untuk mengenalkan kembali tempat bersejarah di daerah Jember sebagai salah satu kota bersejarah di Jawa Timur.

Related Post