Distorsi Sejarah Penemuan Benua Amerika

Pesantren Nuris- Benua Amerika, siapa yang tidak kenal dengan benua ini? Benua Amerika merupakan salah satu benua terbesar di dunia. Mayoritas negara-negara maju di dunia terdapat di benua tersebut. Oleh karena itu benua Amerika dikenal memiliki peradaban tekhnologi yang maju. Namun, hanya segelintir orang yang memahami fakta sejarah penemuan benua Amerika ini.

(baca juga: Lir-ilir, Sebuah Inspirasi dalam Histori)

Menurut sejarah, orang yang pertama kali menemukan benua Amerika adalah yang bernama Christoper Colombus,  seorang penjelajah kelahiran Genoa, Italia. Namun, ternyata orang yang pertama kali tiba di benua Amerika sebelum Cristoper Colombus adalah seorang laksamana Islam dari China yang lebih dikenal dengan Cheng Ho. Cheng Ho awalnya mengiran bahwa benua Amerika adalah negara India. Bahkan berabad-abad sebelum Cheng Ho tiba di benua tersebut, tepatnya pertengahan abad 10 pelaut muslim dari Spanyol dan Afrika Barat sudah berlayar di benua tersebut dan membuat kampung disana serta hidup bersama penduduk lokal benua Amerika.

Hal ini diperkuat dengan adanya tanda-tanda keislaman yang ada di benua Amerika. Salah satunya adalah banyaknya tempat yang menggunakan nama berbau Islam, di antaranya di Los Angeles ada kota bernama al-Hambra, di Wanghiston terdapat kota bernama Salem, dan di Amerika Selatan ada kota bernama Cuba yang diambil dari kata Quba, dan lain-lain.

(baca juga: Keunikan Tahun Kabisat)

Di Amerika Utara tercatat kurang lebih 565 tempat yangmemiliki nama bernuansa Islam, 484 di Amerika Serikat, dan 81 di Kanada. Masih banyak bukti lain, bahwa sebenarnya penemu benua Amerika pertama kali bukan Christoper Colombus, melainkan para penjelajah Islam yang ulung. Hanya saja fakta sejarah selama ini telah mengalami pendistorsian oleh orang barat sehingga diketahui oleh mayoritas orang bahwa penemu benua Amerika adalah Christoper Colombus. (Red/Malik)

Penulis sejarah tersebut adalah Abdullah Malik siswa kelas X PK A MA Unggulan Nuris yang juga anggota aktif ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

 

Related Post