Keunikan Tahun Kabisat

Tahun Kabisat adalah adalah tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Tahun Kabisat ini terjadi selama empat tahun sekali pada bulan Februari. Untuk pertama kalinya,tahun Kabisat pertama kali diciptakan a stronomi sosiogenes dari Alexandria pada masa kekaisaran romawi Julius Caesar.

Pada zaman dahulu satu tahun memuat waktu sebanyak 365,25 hari, tetapi pada akhirnya dibulatkan menjadi 365 hari. Sedangkan, sisa waktu 0,25 hari jika dijumlahkan dalam 4 tahun akan menjadi 1 hari. Oleh karena itu perempat tahun sekali Februari mengalami penambahan satu tanggal menjadi 29 hari.

(baca juga: Motivasi Tinggi, Asah Potensi, Masa Depan Cerah Menanti)

Awalnya ditahun biasa 29 hari pada bulan Februari dan 30 hari pada tahun Kabisat. Tetapi saat kekaisaran romawi August Caesar berucap “Satu hari pada bulan Februari dikurangi dan dialihkan ke bulan Agustus yang pada itu hanya memiliki 30 hari. Dengan demikian terdapat 28 hari di bulan Februari dan 31 hari di bulan Agustus pada tahun biasa. Alasan dari pengurangan 1 bulan Februari yakni kepraktisan dan kemudahan mengingat bulan Januari dan Februari merupakan bulan baru yang ditambahkan oleh King Nurva Pompilius untuk melengkapi jumlah perhitungan hari dalam setahun.

(baca juga: Pedagogik for Cyber Police)

Awal terjadinya tahun Kabisat ditahun 1904 dan masih mengalami tahun Kabisat sebanyak 30 kali yang diterakhir kemarin ditahun 2016. Fenomena yang terjadi ditahun Kabisat ke 30 yakni dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan. Gerhana matahari di tanggal 9 Maret adalah yang paling istimewa. Sekarang, tahun 2018 tidak mengalami tahun Kabisat karena masih belum menempati tahun ke-4 dari tahun kabisat. Keunikan tahun terlihat dari 28 tahun sekali yakni tanggal pada tahun biasa akan sama dengan 28 tahun sebelumnya. (Red/Nanda)

Penulis artikel singkat tersebut adalah Rofiatul Ananda siswa kelas X IPA 1 SMA Nuris Jember. Saat ini penulis menjadi anggota aktif M-Sains Matematika dan aktif di ekstrakurikuler jurnalistik website Pesantrennuris.net

Related Post