Penguatan Akhlakul Karimah Santri, Program Strategis Biro Pendidikan Pesantren Nuris Jember

Penguatan Akhlakul Karimah Santri, Program Strategis Biro Pendidikan Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Biro Pendidikan Pesantren Nuris Jember istiqomah mengupayakan pendampingan akhlakul karimah kepada santri. Menjadi program strategis Ustaz Wahyudi Rahman, selaku Kepala Biro Pendidikan Pesantren Nuris Jember, untuk terus membentuk santri menjadi pribadi yang siap mengarungi kehidupan di masyarakat melalui akhlak.

Program yang menjadi rutinitas di Pesantren Nuris Jember tersebut yakni, pengajian malam minggu manis yang diselenggarakan tiap sebulan sekali. Pada hari Sabtu malam ba’da maghrib, 24 Februari 2018,  Ustaz Abu Bakar, selaku Koordinator Pesantren Nuris Jember putra dan putri, yang mengisi pengajian malam minggu manis.

(baca juga: Nuris “Menata Hati”, Bangga Mengabdi dan Berkhidmah)

Beliau menyampaikan banyak hal dalam memberikan butiran hikmah kepada santri Pesantren Nuris Jember di Masjid Baitun Nur Nuris. Ratusan santri putra yang berada di asrama Dhalem Belakang, Asrama Pusat, dan Dhalem Selatan antusias mengikuti setiap untaian kalimat barokah yang disampaikan oleh Ustaz Abu.

Di antara pokok kajian Ustaz Abu yang sekaligus menjabat Waka Kesiswaan MTs Unggulan Nuris dalam pengajian tersebut adalah perbaiki niat berada di Pesantren Nuris Jember, menjaga lisan dari kata kotor dan biasaka berzikir utamanya setelah salat, membanggakan kedua orang tua melalui perbaikan akhlak, mematuhi tatatertib pesantren dan sekolah agar ilmunya barokah, menjaga akhlak kepada pengurus, guru, atau pun asatiz, hingga memiliki keyakinan bahwa pesantren merupakan tempat memperbaiki akhlak.

(baca juga: Pondok Pesantren Nuris, sebagai Tempat Sosialisasi Bela Negara Kementerian Pertahanan RI)

Dengan rutinitas pengajian akbar yang diikuti oleh seluruh santri putra ini, diharapkan mampu menjadi pengingat dan terus mengutakan karakter santri yang nantinya akan digunakan saat terjun di tengah masyarakat. Begitu pula dengan santri putri yang berada di Dhalem Timur dan Dahlem Barat juga punya program tersebut. Ini menjadi program strategis dalam pendampingan akhlak santri selain bentuk keteladanan dan pembelajaran yang memang sudah ada di Pesantren  Nuris Jember tersebut.[AF.Red]

 

Related Post