Siti Fatimatuzzahro: Bisa karena Terbiasa

Siti Fatimatuzzahro merupakan salah satu siswa berprestasi di SMA Nuris Jember. Dia memiliki prestasi yang luar biasa di bidang Matematika. Banyak piala yang disumbangkannya untuk SMA Nuris Jember karena raihan prestasinya. Lalu siapa Siti Fatimatuzzahro? Bagaimana dia bisa menjadi siswa berprestasi? berikut merupakan hasil wawancara antara Dian Rahmatullah, salah satu anggota website Pesantrennuris.net dengan Siti Fatimatuzzahro.

Matematika dianggap sebagai salah satu pelajaran yang susah oleh sebagian besar siswa, lalu apa yang menyebabkan Kakak menyukai pelajaran Matematika?

Bagi saya tidak ada pelajaran yang susah maupun yang sulit. Semua pelajaran itu sama asalkan kita mau berusaha, sama halnya dengan siswa. Tidak ada siswa pandai dan bodoh asalkan mereka mau berusaha karena bisa karena terbiasa. Alasan saya menyukai pelajaran Matematika, karena menurut saya Matematika itu unik, sedetail-detailnya kita menghitung pasti ada hasil akhir yang pasti.

Menurut Kakak, apa uniknya mata pelajaran Matematika?

Matematika memiliki banyak rumus yang sebenarnya rumus tersebut merupakan turunan dari rumus yang lain. Jika kita tahu konsep turunan tersebut, sesusah apapun soal tersebut kita akan bisa menyelesaikannya. Selain itu, cara menghitung dan memecahkan soal Matematika tidak membosankan, sebab satu rumus bisa diaplikasikan untuk beberapa soal.

Bagaimana tipsnya supaya pandai Matematika seperti Kakak?

Awalnya saya suka sekali dengan pelajaran Matematika, namun saya kurang rajin belajar hanya sebatas suka saja. Ketika saya seperti itu, saya tidak punya keahlian di bidang pelajaran apapun dan susah untuk menonjol. Kemudian di SMA Nuris lah saya memutuskan untuk mengikuti M-Sains Matematika. Disitulah saya benar-benar menggali potensi saya dan mulai mendalami Matematika. Jadi tipsnya adalah belajar menekuni pelajaran Matematika tersebut, tetapi bukan berarti pelajaran lainnya ditinggalkan. Misalnya jika pelajaran lain saya belajar selama 2 jam dalam satu hari, maka belajar Matematika harus lebih lama, misalnya 3 jam sehari.

Selama ini, prestasi apa yang berhasil Kakak dapatkan?

Setelah menekuni pelajaran Matematika, Alhamdulilah saya berhasil menjuarai beberapa olimpiade di antaranya  juara 1 olimpiade  Cerdas Cermat Matematika se Jawa-Bali di UNMUH Jember 2017, juara 1  Olimpiade Matematika seJawa Timur UNMUH Jember 2018, juara 3 Olimpiade Matematika seTapal kuda di IAIN Jember 2018.

Sekarang, Kakak sudah kelas XII. Kemudian apa harapan Kakak kepada adik-adik di SMA Nuris Jember?

Harapan saya, semoga adik-adik saya semakin berprestasi, menekuni pelajaran yang disukainya. Lebih giat belajar dan bisa mengharumkan SMA Nuris Jember melalui prestasinya. Tidak hanya itu, mereka harus berorientasi untuk kuliah sebagai bekal menjalani kehidupan. (Red/Dian)

 

 

Related Post