Abu Muhammad bin Musa al-Khwarizmi, Ahli Matematika Berpengaruh di Dunia

*Penulis: Abdul Malik

Al-Khwarizmi adalah seorang tokohmuslim sekaligus tokoh Matematika yang telah menyumbangkan hasil pemikirannya pada peradaban dunia. Meskipun namanya dikenal sebagai ahli Matematika, sebenarnya dia juga ahli dalam bidang yang lain. Al-khwarizmi juga seorang Astronom dan ahli dalam ilmu Geografi serta segala seluk-beluk tentang tanah dan bumi.Ia lahir pada tahun 770 M di Khwarizmi, sebuah kota kecil di pinggiran sunga Oxus,Uzbekistan.

Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi lebih dikenal dengan sebutan Al-Khwarizmi. Hal ini untuk menunjukkan tempat awal dilahirkannya. Di Eropa Al-Khwarizmi lebih dikenal dengan nama Algoarism atau Algorism. Al-Khwarizmi dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep Algoritma dalam Matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya. Algorism,sebuah panggilan yang merupakan cikal bakal nama Algoritma. Algoritma adalah suatu metode berpikir sistematis yang banyak digunakan dalam bidang ilmu komputer.

(baca juga: Mengenal Abu Hasan Sang Hafiz dari Baghdad)

Al-Khwarizmi banyak menulis buku mengenai Aritmatika dan Aljabar. Salah satu karyanya adalah De Numero Indorum yang merupakan terjemah dari Brahmagupta. Dalam karyanya itu, ia memperkenalkan sistem bilangan Hindu yang menggunakan angaka 0 sampai dengan 9 beserta nilai desimalnya. Sistem inilah yang digunakan secara baku di seluruh dunia hingga saat ini.Pada tahun 830 M,Al-Khwarizmi menukis buku berjudul Alkitab Almukhtashar fi Hisab al Jabar wal Muqabala atau The Compendious Book on Calculation Completion and Balancing.

(baca juga: Semakin Terinspirasi dengan Sosok Imam Busyiri)

Buku ini merupakan karyanya yang terpenting dan buku pertama yang memperkenalkan tentang variable dan persamaan baik itu yang linier dan non linier, seperti persamaan kuadrat dan persamaan pangkat tiga. Dewasa ini, Aljabar banyak diterapkan dalam berbagai bidang seperti ekonomi untuk mencari solusi optimal permasalahan biaya produksi,bidang teknik elektro banyak menggunakan Aljabar untuk memodelkan rangkaian listrik dan ilmu computer juga banyak menggunakan Aljabar untuk memodelkan rangkaian jaringan,serta masih banyak lagi fungsi yang lainnya.

 

Penulis merupakan siswa MA Unggulan Nuris kelas X PK A. Penulis aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post