Santri dalam Narasi, Sebuah Cultural Studies Khas Pesantren

Judul Buku      : Lemari Pengucap

Penerbit           : Nuris Press

Penulis             : Afifah, dkk.

Tebal Buku      : 95 halaman

Cetakan           : Pertama

Tahun Terbit    :  2017

Peresensi         : Tamamun Ni’mah

 

Ikhtisar

Antologi cerpen “Lemari Pengucap” ini menceritakan banyak kisah tentang perjuangan seorang santri. Mereka berjuang demi masa depannya. Selain itu, perjuangan santri dalam menemukan jati diri yang sebenarnya di lingkungan pesantren juga dijelaskan dalam antologi tersebut. Tidak hanya itu, antologi cerpen karya santri Nuris ini, juga mengingatkan perjuangan orang tua demi anak-anaknya. Orang tua yang selalu berjuang demi kebahagiaan dan masa depan anaknya. Bersusah payah menyekolahkan anaknya agar anaknya menjadi pandai dan bernasib lebih baik dibandingkan dengannya.

Kelebihan Buku

Antologi cerpen “Lemari Pengucap” dikemas menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami maksud cerita. Selain itu, cerita yang disampaikan berada dalam tema yang sama, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami kehidupan pesantren. Antologi tersebut juga dikemas dengan desain sampul yang menarik.

(baca juga: Indahnya Belajar Bahasa Arab)

Kelemahan Buku

Dalam antologi cerpen “Lemari Pengucap” terdapat beberapa kata yang pengetikannyamasih salah. Selain itu, antologi tersebut tidak dilengkapi dengan gambar sehinggga membuat pembaca terkadang bosan.

(baca juga: Literasi Santri dan Jejak Pesantren dalam Sosiologi Sastra)

Nilai buku

Antologi cerpen “Lemari Pengucap” sangat cocok dimiliki oleh semua kalangan, terutama bagi mereka yang ingin mengenal kehidupan pesantren.  Tidak hanya itu, antologi tersebut juga cocok dimiliki oleh santri untuk selalu mengenang kehidupan pesantren, sehingga tidak melupakan jati dirinya sebagai seorang santri.

Peresensi merupakan siswa SMA Nuris Jember kelas X D. Peresensi aktif sebagai anggota ektrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Gambar antologi cerpen Lemari Pengucap

Gambar peresensi Lemari Pengucap

 

Related Post