Tips Cara Kilat Menghafal Alquran dan Pelajaran Ala Santri Nuris

Hay Guys, gimana nih kabarnya? Masih setia dengan Pesantrennuris.net kan? Guys seorang santri pasti sering melakukan kegiatan hafalan. Banyak hal yang dihafalkan seorang santri, di antaranya Alquran, kitab-kitab, pelajaran umum, dan lain-lain. Nah, ketika kalian menghafal pasti terkadang kalian fokus kadang pula tidak fokus, apalagi ketika kalian merasa lapar. Hehehe. Nah, kali ini santri Nuris punya tips keren menghafal Alquran nih Guys. Yuks intip tips menghafal Alquran dan pelajaran ala Santri Nuris.

Membaca sebanyak 21 kali. Bacalah kalimat yang dihafal sebanyak 21 kali Guys secara berulang-ulang sampai mulut kita terbiasa dengan kalimat yang kita hafal dan tidak asing lagi.

Mendengarkan kalimat dihafalkan dengan seksama dan berulang-ulang. Mendengarkan ayat yang akan dihafal akan memudahkan kalian untuk mengingat kalimat tersebut.

Meresapi dan memahami makna kalimat yang kita hafal. Supaya suatu kalimat  mudah dihafalkan, kalian haris memahami maknanya Guys. Karena jika paham pasti mudah diingat.

Menghafal di waktu-waktu tertentu. Waktu yang tepat untuk menghafal biasanya setelah sholat Tahajud dan di antara Maghrib dan Isya’.

Harus selalu istiqomah untuk mengulang atau memurojaah apa yang sudah kita hafal. Guys usahakan istiqomah untuk mengulang kalimat yang kalian hafal, karena dengan sering mengulang otak akan mudah untuk mengingat. Hehehe

(baca juga: Tips Doa Cepat Dikabulkan)

Menghindari perbuatan maksiat. Hindari ya Guys perbuatan maksiat karena itu akan menyulitkan kalian dalam menghafal.

Membaca doa untuk menambah kecerdasan dan ingatan yang kuat. Seperti doa yang telah dilakukan oleh Sayyid Hasan bin Shalih Al-Bahar. Sayyida Ali juga menganjurkan tiga perkara yang dapat memudahkan hafalan di antaranya bersiwak, puasa, dan membaca Alquran.

(baca juga: Tips Anti Ngantuk Saat Membaca Buku)

Itulah Guys tips menghafal Alquran dan pelajaran ala Santri Nuris. Jangan lupa dicoba ya Guys dan nantikan tips-tips kami berikutnya. Semoga kita menjadi seseorang yang sukses dan bermanfaat. (Red/Riska)

 

 

Related Post