Astronomi Bukan Hal yang Menakutkan

Ilmu Atronomi bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari. Tidak semua siswa menyukai ilmu tersebut, sebab butuh kecerdasan dan ketekunan yang tinggi untuk memahaminya. Namun, berbeda dengan siswa SMA Nuris Jember yang satu ini. Muhammad Fajri Kholili Zain, pencinta ilmu Astronomi. Lantas bagaimana mempelajari ilmu Astonomi menurutnya? Berikut hasil wawancara antara Dian Rahmatulah anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website dengan Muhammad Fajri Kholili, siswa SMA Nuris Jember pecinta Astronomi dan juga anggota M-Sains Astronomi SMA Nuris Jember.

Mengapa Anda menyukai ilmu Astronomi?

Pada dasarnya tidak ada sesuatu yang mudah ataupun sulit. Semua itu berdasarkan diri kita sendiri, selama kita berusaha pasti kita bisa. Ilmu Astronomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang saya sukai. Terdapat banyak alasan yang menyebabkan saya menyukainya di antaranya saya suka dengan hal-hal yang membutuhkan observasi atau pengamatan. Selain itu, saya merasa ikhlas belajar ilmu Astronomi. Dulu saya bergabung sebagai anggota M-Sains Fisika, namun karena saya tidak ikhlas akhirnya sama malas dan dikeluarkan. Kemudian saya dipindah ke M-Sains Astronomi dan saya menekuninya. Alasan saya berikutnya adalah ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Sebab dalam sebuah hadits dijelaskan yang artinya ”Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi manusia.”

Bagaimana pandangan Anda terhadap ilmu Atronomi dalam Islam?

Ilmu Astronomi dapat digunakan untuk menentukan tata koordinat dan menentukan tanggal hijriah dan ilmu hisab. Pada masa bani Umayyah dan bani Abbasyiah, Islam berkembang begitu pesat. Selain itu, orang Arab juga mengembara ilmu kepada orang Islam, sehingga menyebabkan orang yang beragamana Kristen tidak terima dan terjadilah perang Salib.

(baca juga: Banyak Baca dan Latihan Analisis Soal, Kunci Wardatul Fitriah Raih Juara 1 Biologi KSM 2018)

Bagaimana tips untuk mudah memahami ilmu Astronomi?

Pertama kita harus suka dulu dengan ilmu Astronomi. Setelah kita menyukainya pasti kita mudah memahaminya dan bersemangat mempelajarinya. Selain itu, kita juga harus ikhlas. Selain itu, ikhlas dan tidak mudah mengeluh dalam mempelajari ilmu Astronomi juga menjadi kuncinya.

Prestasi apa saja yang pernah Anda raih?

Selama saya menjadi siswa SMA Nuris Jember dan bergabung menjadi anggota M-Sains Astronomi saya pernah menjuarai beberapa juara di antaranya juara 3 Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) bidang Astronomi dan berhak berlanjut ke Olimpiade Sains Povinsi (OSP). Selain itu, saya juga pernah mendapatkan juara harapan 1 olimpiade Astronomi tingkat nasional.

(baca juga: Siti Fatimatuzzahro: Bisa karena Terbiasa)

Bagaimana harapan Anda terhadap prestasi Anda saat ini?

Semoga saya bisa meningkatkan prestasi saya di bidang Astronomi. Selain itu, saya bisa berlanjut untuk kuliah di jurusan Astronomi. Saya juga berharap SMA Nuris Jember semakin kaya dengan prestasi.

 

 

Related Post