Cara Belajar Unik, Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Biologi Jatim

Pesantren Nuris – Membanggakan siswa SMA Nuris Jember juara Olimpiade Biologi Semarak FKIP 2018 Bina Sekolah. Moh. Rifan Nidhom Fahmi berhasil dapatkan juara harapan 2 olimpiade Biologi se-Jawa Timur. Olimpiade tersebut digelar di universitas Muhammadiyah Jember (25/04/2018).

Untuk sampai di babak final dan menyandang gelar juara, Nidhom Fahmi harus melalui persaingan yang begitu ketat. Olimpiade tersebut terdiri dari empat babak. Babak pertama dia harus mengerjakan soal pilihan ganda dan diambil 40 peserta dengan nilai tertinggi untuk berlanjut ke babak dua. Di babak kedua peserta mengerjakan soal model sebab akibat dan diambil 20 peserta terbaik untuk berlanjut ke babak tiga. Di babak tiga peserta harus mengikuti praktikum dan diambil 5 peserta terbaik untuk berlanjut ke babak final. Babak final dilaksanakan dengan model presentasi tentang Bioteknologi.

(baca juga: Siswa SMA Nuris Jember, Borong 2 Piala Olimpiade Ekonomi Se-Jember)

Di sekolah, siswa yang kerap dipanggil Iit itu memiliki trik khusus untuk tampil sebagai juara. Hampir setiap hari dia belajar Biologi. Model belajarnya juga unik, di antaranya setiap setelah membaca satu paragraf, dia selalu mempresentasikannya kepada dirinya sendiri. Jika presentasinya tidak lancar, dia akan mengulanginya lagi. Selain itu, dia juga rajin berlatih soal. Ketika pelaksanaan olimpade, dia berusaha untuk tenang dalam menghadapi lawan-lawannya.

“Saya berusaha untuk tenang dan tidak ingin mengulang kegagalan saya di olimpiade Biologi sebelumnya karena saya tidak tenang dalam menghadapi lawan. Alhamdulilah saya berhasil dapatkan juara harapan 2 dalam ajang olimpiade Biologi se-Jatim, “ kata Nidhom.

(baca juga: Optimis dan Percaya Diri, Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Bahasa Inggris Jatim)

Prestasi siswa SMA Nuris Jember tersebut,, merupakan wujud kerja yang nyata dan tersistem dari tim Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam. Mereka bertugas untuk mengelola bakat dan minat siswa dengan mendatangkan tentor-tentor handal. “Kami akan terus bekerjasama dengan baik untuk meningkatkan prestasi siswa Nuris. Bakat dan minat siswa harus benar-benar digali dan dikelola dengan baik, “ tutur Mila Karmila, Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. (Red/Yuv)

Related Post