Program Unggulan Tahfiz Alquran MI Unggulan Nuris, Sukses Raih Target Tahun Pelajaran 2017/2018

Pesantren Nuris– MI Unggulan Nuris dengan program unggulannya yaitu Tahfiz Alquran semakin maju dan berkembang. Pasalnya per bulan April tecatat terdapat 325 hafiz quran MI Unggulan Nuris yang terdiri dari berbagai kategori. Terdapat 2 siswa yang hafal 4 juz (juz 30, 1, 2, dan 3), 2 siswa hafal 3 juz (juz 30, 1, dan 2), 4 siswa hafal 2 juz (juz 30 dan 1), dan 19 siswa hafal 1 juz (juz 30).

Selain itu, juga terdapat beberapa siswa yang hafal beberapa surah, di antaranya 13 siswa hafal 36 surah yakni An-Nas sampai dengan An-Naziat. Dua puluh satu siswa hafal 30 surah di antaranya An-Nas-Al Buruj, 34 siswa hafal 25 surah mulai dari An-Nas sampai dengan Al-Balad. Tujuh puluh siswa hafal 20 surah mulai dari An-Nas sampai dengan At-Tin, 79 siswa hafal 15 surah mulai dari An-Nas-Al-Adiyat, 66 siswa hafal 10 surah mulai dari An-Nas sampai dengan Al-Fill, dan 15 siswa hafal 5 surah mulai dari An-Nas sampai dengan An-Nashr.

(baca juga: Imtihan MI Unggulan Nuris, Luluskan Tahfiz Quran dan Mahir Kitab Kuning)

Terdapat dua siswa yang menuai prestasi membanggakan yakni Sayiid Husein Almadinejad dan Dewi Khairul Barriya hafiz Quran 4 juz. Tahfiz Alquran merupakan program unggulan MI Unggulan Nuris yang diperuntukkan bagi siswa kelas satu sampai dengan kelas enam.  Program unggulan tahfiz Alquran dilaksanakan setiap hari Senin pukul 13.30-15.00 WIB dan tambahan hari Rabu untuk penghafal takhasus di atas satu juz.

Kelas tahfiz dibagi menjadi kelas reguler dan kelas takhasus. Kelas reguler merupakan kelas khusus siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. Sedangkan kelas takhasus adalah kelas khusus bagi mereka yang memiliki kemampuan lebih dengan target yang berat. Sistem pembelajarannya melalui pembiasaan, menghafal di rumah, dan menyetorkan ke ustada. Khusus untuk penghafal di atas satu juz ada pendampingan muroja’ah. Setiap kelas memiliki target yang berbeda.

Untuk kelas 1 reguler targetnya haafal surah An-Nas sampai surah At-Takasur, kelas 2 targetnya hafal surah An-Nas samapi dengan surah Ad-Dhuha, kelas 3 surah An-Nas sampai dengan Al-Ghaasyiyah, kelas 4 surah An-Nas sampai dengan Al-Insyiqaq, kelas 5 surah An-Nas sampai dengan At-Takwir, dan kelas 6 surah An-Nas sampai dengan Anda Nabaa’. Sedangkan target untuk kelas takhasus ada penambahan 1 juz setiap tahunnya.

(baca juga: MI Unggulan Nuris, Borong Juara Tartil dan Tahfiz Quran Se-Jember)

“Alhamdulilah target kami terpenuhi. Semoga di tahun depan program unggulan tahfiz Alquran semakin oke dan melahirkan hafiz Quran andalan yang tidak hanya hafal 4 juz tetapi lebih. Kami akan terus berupaya untuk selalu meningkatkan pengelolahan sistem program unggulan tahfiz Alquran ini. Semoga MI Unggulan Nuris semakin sukses, “ kata Sayyidati waka kesiswaan MI Unggulan Nuris. Berikut data siswa tahfiz Alquran MI Unggulan Nuris. (Red/Yuv)

DATA TAHFIZ ALQURAN MI UNGGULAN NURIS

Related Post