Tim KTI SMA Nuris Jember, Runner Up Ajang KTI Se-Nasional

Pesantren Nuris-  Kebahagiaan tengah dialami oleh tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) SMA Nuris Jember. Pasalnya tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) sekolah tersebut berhasil dapatkan juara 2 kompetisi KTI (Karya Tulis Ilmiah)  se-Nasional di Universitas Merdeka Malang (22/04/2018). Tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) SMA Nuris Jember terdiri dari tiga siswa yakni Sukmal Insan, Laelatul Karomah, dan Laelatul Muafidah.

Ketiganya menulis KTI (Karya Tulis Ilmiah) yag berjudul “Menuju Indonesia yang Lebih Baik Melalui LDR (Langkah dan Raih) Guna Meningkatkan Minat Baca Anak di Desa Bintoro”. Ketiganya bermaksud untuk menciptakan sebuah program bernama LDR (Langah dan Raih). Program tersebut merupakan program bimbingan belajar dengan cara bermain dan berpetualang untuk siswa kelas 1-3 SD guna tingkatkan minat baca mereka.

Kompetisi ini terdiri dari tiga babak, babak pertama dilakukan dengan mengirim abstrak secara online dan diambil 10 peserta terbaik. Babak berikutnya adalah pengiriman full paper secara online dan diambil 5  peserta terbaik. Lima peserta terbaik akan berlanjut ke babak final dengan mempresentasikan karya tulisnya secara langsung di depan juri yang dilaksanakan secara langsung di Universitas Merdeka Malang. Dalam kompetisi tersebut, SMA Nuris Jember berada satu tingkat di bawah SMA Negeri 1 Malang sebagai juara 1.

(baca juga: Optimis dan Percaya Diri, Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Bahasa Inggris Jatim)

Tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) SMA Nuris Jember mengaku harus melalui perjalanan yang panjang sebelum tampil sebagai juara. Mereka harus melakukan observasi lingkungan, membaca jurnal, membuat data/angket, wawancara, hingga membuat video pelaksanaan program LDR (Langkah dan Raih) tersebut.  Saat presentasipun, ketiganya menunjukkan perfomance yang luar biasa. Mereka selalu menjawab pertanyaan juri dengan jawaban yang paling akurat, mereka kompak, dan mampu menyampaikan ide dengan meyakinkan.

Namun, kerja keras mereka terbayar sudah. “Alhamdulilah, akhirnya kerja keras kami terbayar sudah. Kami bisa meraih juara 2 dalam kompetisi KTI (Karya Tulis Ilmiah) tingkat nasional. Namun, tidak berhenti sampai disini kami akan bekerja keras lagi untuk menjadi siswa berprestasi dan membanggakan orang tua serta SMA Nuris Jember, “ kata tiga siswa, tim KTI SMA Nuris Jember.

Capaian yang telah diraih siswa SMA Nuris Jember menjadi motivasi bagi pihak sekolah tersebut untuk semakin lebih baik lagi. “Alhamdulilah, siswa SMA Nuris Jember sudah mampu bersaing di tingkat nasional. Semoga ke depan prestasi SMA Nuris Jember semakin banyak lagi, “ungkap Diana Retno, waka kurikulum SMA Nuris Jember.

(baca juga: Cara Belajar Unik, Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Biologi Jatim)

Raihan prestasi SMA Nuris Jember merupakan wujud kerjasama yang baik di antara anggota penjamin mutu siswa Yayasan Nurul Islam Jember. Tim penjamin mutu menjalankan tugasnya dengan baik dan berhasil mengantarkan siswanya untuk meraih prestasi.  (Red/Yuv)

 

Related Post