PLS Menyenangkan dan Menarik, Ratusan Siswa Baru Betah di Nuris

Pesantren Nuris– Selamat datang siswa baru SMP dan MTs Unggulan Nuris, SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris. Seperti biasanya, kedatangan siswa baru pasti membutuhkan pengenalan agar mereka lebih dekat dengan lingkungan yayasan Nurul Islam Jember yang dikemas dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru Nuris digelar selama tiga hari, Kamis, 28 Juni 2018 sampai dengan Sabtu, 30 Juni 2018 mulai dari pukul 07.10 sampai dengan 13.00 WIB.

Ratusan siswa baru ikuti kegiatan MPLS dengan antusias, walaupun banyak agenda kegiatan yang harus mereka ikuti dalam waktu tiga hari. Di hari pertama, kegiatan yang dilakukan di antaranya Upacara Pembukaan MPLS, manajemen Qolbu oleh KH. Muhyiddin Abdhussomad, pemberian materi Bela Negara dan Persatuan Bangsa serta Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat, dan diakhiri dengan sholat zuhur berjamaah.

(baca juga: PLS, Program Siswa Baru)

Di hari kedua MPLS, peserta harus mengikuti apel pagi, kemudian sosialisasi visi dan misi serta Kegiatan Belajar Mengajar oleh masing-masing lembaga mulai dari SMP dan MTs Unggulan Nuris serta SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris. Kegiatan di hari kedua, diakhiri dengan sholat zuhur berjamaah. Masih banyak kegiatan pengenalan lingkungan yang harus diikuti oleh siswa baru.

Di hari ketiga MPLS, siswa baru diajak untuk mengikuti kegiatan sosialisasi bahaya narkoba, tata tertib, dan ekstrakurikuler sains, nonsains, dan bahasa. Kegiatan MPLS hari terakhir  diakhiri dengan sholat zuhur berjamaah dan juga upacara penutupan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk siswa baru Nuris dibuat semenarik mungkin sehingga tidak menimbulkan kebosanan bagi mereka.

“Kegiatan MPLS di Nuris ini seru sekali tidak membosankan. Walaupun hanya 3 hari kami sudah mendapatkan banyak pengetahuan yang bermanfaat. Kegiatan MPLS ini singkat namun padat. Semoga saya bisa menjadi santri sekaligus siswa Nuris yang berprestasi dan berakhlaq”, kata salah satu peserta MPLS asal MTs Unggulan Nuris.

(baca juga: Mengenal Nuris Lebih Dekat, Seribu Siswa Baru Tertib Ikuti PLS)

Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk siswa baru memang harus dikemas dengan menarik. Apalagi mereka masih siswa baru, jadi pengenalan yang diberikan harus bisa membuat mereka nyaman sekolah dan nyantri di Nuris. “Alhamdulilah kegiatan MPLS berjalan dengan lancar. Semoga seluruh siswa baru betah di Nuris, maju bersama untuk menjadikan Nuris semakin berprestasi,” kata Ustad Makmun, ketua panitia MPLS. Bagi siswa baru SMA Nuris Jember  yang belum melakukan daftar ulang juga akan diagendakan untuk mengikuti kegiatan MPLS juga dengan  kegiatan yang berbeda.   (Red/Yuv)

Gambar PLS siswa baru putra

Related Post