Lomba Ekstrakurikuler, Jaring Generasi Berbakat dan Bermental Juara

Pesantren Nuris–  SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris serta SMP dan MTs Unggulan Nuris tidak main-main melaksanakan perekrutan anggota baru esktrakurikuler sains, non sains, dan bahasa. Pasalnya, sebelum memulai kegiatan ekstrakurikuler, anggota baru harus mengikuti seminar dan lomba sesuai dengan bidang yang mereka pilih. Bagi mereka yang gemar di bidang sains bisa mengikuti seminar bidang sains, dan seterusnya.

Keseluruhan kegiatan tersebut, sudah dijadwalkan dengan baik oleh tim penjamin mutu siswa Nuris. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan berkaitan dengan ekstrakurikuler, mengetahui kemampuan awal calon anggota ekstrakurikuler sains, non sains, dan bahasa. Selain itu, untuk menyeleksi calon anggota ekstrakurikuler sains, nonsains, dan bahasa.

(baca juga: Seleksi Ketat Ekstrakulikuler Pramuka dengan 300 Peminat)

Kegiatan seminar dilaksanakan selama enam hari , 9-14 Juli 2018 sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Terdapat beberapa seminar yang digelar diantaranya seminar bahasa Inggris (debate), seminar KIR (Karya Ilmiah Remaja) dan Robotika, dan juga seminar Jurnalistik. Masing-masing seminar dilaksanakan selama dua hari, satu hari untuk penyampaian materi dan satu hari berikunya untuk praktik.

Setelah pelaksanaan seminar, dilanjutkan dengan kegiatan lomba ekstrakurikuler sains, nonsains, dan bahasa. Untuk pelaksanaan lomba ekstrakurikuler tersebut sudah terjadwalkan dengan baik dan dilaksanakan selama tiga hari, 16-18 Juli 2018. Lomba ektrakurikuler bahasa di antaranya story telling, news reading, dan speech. Lomba ekstrakurikuler nonsains di antaranya baca puisi, pidato bahasa Arab, tilawh, tartil, dan lain-lain. Sedangkan di ekstrakurikuler sains diadalan beberapa olimpiade di antaranya olimpiade bahasa Inggris, bahasa Arab, Matematika, IPA, dan IPS.

(baca juga: Ekstrakurikuler Puisi Nuris, Ciptakan Sastrawan Handal)

Berlangsungnya dua acara ini, tidak lepas dari kerja tim penjamin mutu siswa Nuris. Mereka bekerja sama dengan baik, sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik. “Semoga melalui kegiatan seminar dan lomba ekstrakurikuler sains,nonsains, dan bahasa ini bisa menjaring dan menemukan siswa yang berbakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu, melalui kegiatan ini, semoga mereka bisa bergabung di ekstrakurikuler sesuai dengan bakatnya dan berprestasi, “kata Kutwatil Fitryah, penanggungjawab kegiatan seminar dan lomba ekstrakurikuler sains, nonsains, dan bahasa. (Red/Yuv)

Related Post