Putri Seorang Petani Ini sangat Menginspirasi, Lolos Jalur SBMPTN 2018 di Universitas Indonesia

Putri Seorang Petani Ini sangat Menginspirasi, Lolos Jalur SBMPTN 2018 di Universitas Indonesia

Pesantren Nuris – Zulfa Maulida, siswa cerdas alumni SMA Nuris Jember tahun lulus 2018 ini memang selalu membanggakan almamater di Pesantren Nuris Jember. Seiring dengan seabrek prestasi yang ditorehkannya selama menjadi siswa, hingga lulus pun gadis asal Sidodadi, Tempurejo Kabupaten Jember ini selalu memberi kesan membanggakan. Capaian apa yang diraihnya saat ini, berikut liputannya.

Dikenal sebagai siswa jenius yang pernah ada di SMA Nuris Jember bidang ekonomi, putri pasangan dari Yon Sugiono dan Siti Sofiah ini selalu memenangkan banyak olimpiade baik tingkat kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional. Termasuk dalam ajang olimpiade sains nasional (mata pelajaran ekonomi) yang sangat bergengsi pun ditaklukkannya.

(baca juga: Terbaik di Regional Jember, Hingga Tampil Sebagai Juara ECOLY Nasional di UNESA Surabaya)

Selain itu, dia juga pernah meraih juara umum olimpiade ekonomi di Unijoyo, Bangkalan tingkat Jawa Timur, juara umum olimpiade yang sama di Pasuruan, dan mampu bersaing di Universitas Negeri Surabaya dengan prestasi. Bahkan, Zulfa seolah menjadi jaminan juara di setiap even lomba yang diikutinya.

Kini hingga lulus dengan nilai yang sangat mengesankan dari SMA Nuris Jember, gadis kelahiran Jember, 20 Juni 2000 silam ini dinyatakan lolos ke Universitas Indonesia (UI) di Jakarta melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Setelah sempat gagal dari jalur undangan SNMPTN, justru hal ini memacu semangatnya mendaftar di UI tersebut melalui jalur tes tulis nasional.

(baca juga: Borong Juara Ekonomi Tingkat Jatim, Siswa SMA Nuris Jember Rebut Piala Rektor)

“Sangat senang sekali dan lega rasanya setelah lihat pengumuman tanggal 1 Juli 2018 lalu, saya dinyatakan lolos masuk jurusan Ilmu Administrasi Negara di Universitas Indonesia Jakarta. Mungkin saya kalah beruntung ketika jalur undangan, tapi saya buktikan saya bisa masuk lewat jalur SBMPTN. Pengalaman saya dari berbagai lomba telah mengasah mental saya dalam mengerjakan soal-soal tes ini.” Ungkap Zulfa Maulida.

Siswa yang aktif di ekstrakurikuler sains ini sempat menyatakan gugup, minder, dan takut meski telah resmi dinyatakan lolos di kampus impiannya itu. Pasalnya, dia merasa hanya seorang anak petani biasa, dan hanya seorang santri selama di SMA Nuris Jember, bagaimana mungkin mudah beradaptasi dengan hiruk-pikuk kota metropolitan tersebut. Namun, satu keteguhan prinsip yang dipegannya yakni mencapai cita-cita sebagai abdi negera yang handal, profesional, dan mampu melebihi Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI saat ini.

(baca juga: Bercita-cita Jadi Menteri Keuangan, Siswa SMA Nuris Jember Ini Raih Juara 1 OSK Bidang Ekonomi)

Anak kedua dari empat bersaudara ini semakin memantapkan tekadnya untuk terus berjuang menjadi yang terbaik selama proses perkuliahan nanti di Jakarta. Dia mengaku, Septian Yuwandis (guru bahasa Inggris) salah salah satu inspiratornya dalam merangkai cita-citanya. “Saya berterima kasih kepada semua guru, khususnya pengasuh yang telah mendidiknya hingga saat ini. Semoga SMA Nuris Jember terus mampu mencetak generasi unggul tiap tahunnya.” Tutupnya.[AF.Red]

Related Post