Hal Menarik Terpilihnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Asean Games 2018

Penulis: Yuvita

Bombastis, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia 2018 ke-18.  Pesta Olahraga Asia atau yang lebih dikenal Asian Games ini merupakan acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang. Jumlah olahraga yang dipertandingkan 40 cabang olahraga. Sepanjang sejarah, sudah dua kali Indonesia menjadi tuan rumah. Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-4 tahun 1962 di Jakarta.

Untuk kedua kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 dan pertama kalinya dilaksanakan di dua kota yakni Jakarta dan Palembang yang dibantu dengan kota lainnya seperti Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Indonesia disetujui menjadi tuan rumah Asean Games ke-18 pada tanggal 19 September 2014 oleh Dewan Olimpiade Asia. Awalnya, Asean Games ke-18 ini dilaksanakan pada tahun 2019, namun dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindari pemilihan pemilihan legislatif dan presiden yang direncanakan akan dilaksanakan di tahun tersebut. Lantas apa yang menyebabkan Indonesia terpilih sebagai tempat terlaksananya Asean Games 2018? Berikut merupakan alasan Indonesia terpilih sebagai tempat Asean Games 2018?

(baca juga: Micro Blood Moon, It’s Truly Moment of Perfect Story)

Vietnam mundur sebagai tuan rumah Asean Games ke-18. Masyarakat Vietnam merasa kurang mampu untuk menjadi tuan rumah Asean Games karena keterbatasan ekonomi dan kurangnya fasilitas olahraga yang memadai. Ditambah lagi estimasi biaya juga membengkak, yang semula diperkirakan 150 juta Dollar Amerika membengkak menjadi 240 juta Dollar Amerika.

Indonesia merupakan negara benua Asia yang paling aman. Diantara negara Asia lainnya, Indonesia merupakan negara yang paling aman. Sebab tingkat kejahatan atau terjadinya konflik di Indonesia terbilang rendah. Wacananya, untuk mengamankan jalannya kompetisi olahraga tingkat Asia ini, Indonesia akan menugaskan personel gabungan dari TNI, Polri, hingga Dishub. Mereka bertugas untuk menciptakan kelancaran dan keamanan bagi atlet dan penonton.

Antusias penonton yang sangat tinggi. Penonton Indonesia memiliki antusias yang tinggi. Menurut OCA (Olimpic Council Asia) jumlah penonton Indonesia sangat Indonesia sangat luar biasa. Antusias mereka begitu tinggi ketika menyaksikan pertandingan seperti sepakbola, badminton, volly, dan lain-lain.

(baca juga: Pendaftaran CPNS Segera Dibuka, Are You Ready?)

Memiliki arena olahraga standar internasional. Indonesia memiliki banyak gedung olahraga yang bertaraf internasional, di antaranya Stadion Gelora Bung Karno, Jakabaring, Pakansari, bahhkan arena olahraga badminton juga bertaraf internasional.

 

Related Post