Komitmen Jadi Aparatur Negera, Alumni Nuris Berprestasi Nasional ini Lolos PKN STAN

Komitmen Jadi Aparatur Negera, Alumni Nuris Berprestasi Nasional ini Pilih Studi di STAN

Pesantren Nuris – Siapa yang tak kenal dengan Afaf Mutia Zahwa, gadis asal Kencong, Puger, Kabupaten Jember yang kini melanjutkan pendidikan tinggi di kampus kedinasan yakni, STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Lulusan MA Unggulan Nuris tahun 2018 ini berkomitmen menjadi aparatur negara yang profesional dan berkualitas setelah menempuh studi di kampus impiannya pada jurusan Manajemen Keuangan, Program Studi D3 Kebendaharaan Negara.

Afaf Mutia Zahwa memang dikenal sebagai siswa yang berprestasi tingkat nasional selama menjalani studi di MA Unggulan Nuris. Gadis yang gemar mempelajari matematika ini pernah menjuarai LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) “Kenakalan Remaja” VIII Tingkat Nasional di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja, Bali pada bulan November 2016 lalu. Pada lomba ini, Afaf bersama timnya yakni, Kavilatul Bariroh dan M. Kholid, sesama siswa MA Unggulan Nuris.

(baca juga: Afaf Mutia Zahwa, Sosok “Kutu Buku” dan Peraih Juara KTI Nasional)

Gadis kelahiran Jember 08 September 1999 ini memang mengimpikan bisa kuliah di kampus kedinasan. Selain bisa langsung menjadai aparatur negara, kuliah gratis dan berasrama, dia ingin meringankan beban kedua orang tuanya yang memang berpenghasilan tak selalu berkecukupan. Sugianto, ayah Afaf, bekerja sebagai wiraswasra atau berjualan bakso keliling yang tak menentu penghasilannya. Sedangkan Lilik Halimi, ibu tercinta Afaf, hanya sebagai ibu rumah tangga.

Berasal dari itu, Afaf belajar dengan tekun dan semangat tinggi untuk bisa lolos melanjutkan studi di kampus kedinasan terfavorit sepanjang 2016 dan 2017 tersebut. Berbagai kegiatan Bimbingan Belajar khusus masuk STAN, try out, dan mengerjakan soal latihan masuk STAN secara intensif, dilakukan oleh Afaf dalam menyiapkan pelaksanaan tesnya pada tanggal 30 Juni 2018 lalu.

“Awal saya kaget, sedih, senang, campur aduk pokoknya waktu tahu dikabari teman, saya lolos masuk Dipoma 3 STAN. Sebab pengumumannya maju dari tanggal penentuanya, yang awalnya 01 Juli 2018, jadi tanggal 28 Juli 2018. Alhamdulillah, apa saya perjuangkan berjalan sukses. Yang ikut tes kabarnya lebih dari 10ribu peserta.” Ungkap gadis yang memiliki hobi menulis ini.

(baca juga: Kuliah S2 di Kampus Pendidikan Terbaik se-Indonesia, Termotivasi Sosok Ridwan Kamil)

Menurutnya, “Motivasi terbesar saya melanjutka studi di STAN adalah membayar pengorbanan ayah dan ibu saya yang harus saya ingat selalu dalam hidup. Akhirnya saya mampu studi di Kampus STAN yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan. Sempat ada kejadian yang membuat sedih sebelum pengumuman yakni, hp saya dicopet saat di Lin. Mungkin ini rezeki Allah, ada yang hilang, ada yang datang.”

Sebelumnya, Gadis Mungil nan cantik ini diterima di IAIN Jember pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam melalui jalur SPAN-PTKIN. Namun, ketetapan impiannya menjadi aparatur negara khusus keuangan, akhirnya Afaf memilih kampus kedinasan tersebut. Dia berharap bisa sukses di STAN hingga lulus dan mendapat pekerjaan yang layak. Pun Afaf berharap banyak adik-adik di Pesantren Nuris Jember juga ada yang berminat meneruskan kiprahnya di kampus kedinasan tersebut.[AF.Red]

Nama : Afaf Mutia Zahwa

Alumni : MA Unggulan Nuris, 2018

Kuliah : PKN STAN jurusan D3 Kebendaharaan Negara.

Related Post