Wujudkan Pengurus dan Guru Kader Pesantren Profesional melalui Diklat

Wujudkan Pengurus dan Guru Kader Pesantren Profesional melalui Diklat

Pesantren Nuris – Pada hari Ahad, 19 Agustus 2018 lalu, penyelenggaraan Diklat “Pelatihan Guru Pengabdian dan Guru Kader” di Pesantren Nuris Jember berjalan sukses. Diklat ini merupakan program Koordinator Kepesantrenan (putra dan putri), Ustad Hosaini, M.Pd.I dan Bidang SDM Pesantren, Ustad Abu Bakar, S.E., dalam mewujudkan visi profesionalitas bagi segenap ustaz dan ustazah, serta pengurus di Pesantren Nuris Jember.

Agenda diklat tersebut rutin diselenggarakan setiap awal tahun pelajaran. Tidak hanya guru di lembaga formal saja terdapat diklat untuk mencetak guru profesional dan berkualitas, tetapi juga bagi pengurus dan asatiz/asatizah juga diselenggarakan. Tema diklat ini adalah “Meraih Barokah melalui Pengabdian.” Total peserta diklat ini adalah 74 orang yang terbagi dalam 56 Guru Pengabdian, 16 Guru Kader, dan 2 Pengurus Kader.

(baca juga: Satu Dokter, Dua Perawat, Peningkatan Layanan Kesehatan di Poskestren Nuris)

Pemateri yang didatangkan dalam diklat ini juga sudah kaya pengalaman dan profesional. Terdapat tiga pemateri yang di dalamya yakni, Ustad Ahmad Hanafi, S.E.—aktif sebagai Komisioner KPU Kabupaten Jember dan mantan Wartawan Global TV—pengisi materi kepemimpinan; Arifiatun, M.Pd.—Kepala  Bidang SDM Yayasan Nurul Islam Jember)—pengisi  materi micro teaching dan manajemen pendidikan; dan Ustad Abdullah Dardum, M.Th.I.—Dosen di IAIN Jember—pengisi materi penguatan hati dalam meraih barokah melalui pengabdian.

Gus Robith Qoshidi, Lc., selaku Kepala Bidang Kepesantrenan Yayasan Nurul Islam Jember sekaligus Pengasuh Pesantren Nuris Jember menuturkan, “Agar dapat mengayomi santri dan memberikan pelayanan terbaik, pesantren memfasilitasi pelatihan ini. Setelah mereka mendapat pengetahuan soal manajemen, kepemimpinan, dan titik tolak makna pengabdian, harapannya pengurus pesantren dan guru kader dapat bekerja maksimal.”

(baca juga: Gelar Pasar Budaya, Upaya Santri Meriahkan HUT ke-73 Republik Indonesia)

“Melalui program yang dijalankan oleh Ustad Hosaini dan Ustad Abu Bakar ini, semoga visi yang diharapkan tercapai demi kebaikan santri di Pesantren Nuris Jember. Jika pengurus dan guru di pesantren sudah dapat menjalankan tugas dengan baik, insya Allah ribuan santri dapat terbimbing dengan sangat baik. Itu harapannya.” Imbuhya.[AF.Red]

Pemateri Pertama yakni, Ustad Ahmad Hanafi, materi Kepemimpinan

pemateri kedua yakni, Arifiatun, materi micro teaching dan manajemen pendidikan

pemateri ketiga, Ustad Abdullah Dardum, materi meraih barokah melalui pengabdian

Related Post