MTQ-M 2018: Universitas Jember Gondol Dua Juara, UM Kembali Ukir Sejarah Juara Umum

Pesantren Nuris – Universitas Jember menjadi tuan rumah ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQ-M) regional Jawa Timur V. Ajang bergengsi tersebut resmi dibuka pada Sabtu malam di gedung Soetardjo, Universitas  Jember (11/8/2018). Tema (MTQ-M) tahun ini adalah “Melalui MTQ, Mahasiswa Regional Jatim V, Membumikan Alquran, Menggapai Islam rahmatallilalamin”.

Kompetisi yang diselenggarakan setiap dua tahun ini,  dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari 11 Agustus 2018 sampai dengan 13 Agustus 2018 dengan dua belas cabang lomba. Dua belas cabang lomba tersebut di antaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran 5 dan 20 juz, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syahril Quran, Musabahqah Khathil Quran, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Debat Ilmiah Kandungan Alquran dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, Musabaqah Desaun Aplikasi Komputer Alquran.

(baca juga: Pendaftaran CPNS Segera Dibuka, Are You Ready?)

Terdapat 73 peserta  yang akan bertanding di 12 cabang lomba yang merupakan perwakilan dari Peguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Jawa Timur. Serta 56 peserta perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Di Jawa Timur.

Ajang MHQ tingkat mahasiswa se-Jatim ini, resmi ditutup  pada Senin malam (13/8/2018). Berdasarkan hasil lomba, Universitas Jember sebagai tuan rumah berhasil meraih dua kejuaraan, yakni juara pertama cabang lomba Musabaqah Khaththil Quran atas nama Intan Dwi Masruroh. Selain itu, Faisal Amjad Adi, juga berhasil meraih juara ketiga ajang lomba Musabaqah Hifzhil Quran 5 juz. Keduanya merupakan mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)  Universitas Jember.

Sementara itu, Universitas Negeri Malang berhasil mempertahankan gelar sebagai juara umum dengan memenangkan sebelas kejuaraan. Sembilan gelar juara pertama dan dua gelar juara kedua dari berbagai cabang lomba. Dalam sambutannya Wachju Subchan, Wakil Rektor II Universitas Jember menyatakan rasa bangganya mendapatkan menjadi tuan rumah MTQ-M regional Jawa Timur V.

(baca juga: Tercatat 593 Gempa Susulan Hantam Lombok, Duka Bencana Nasional)

Kompetisi MTQ-M Regional Jawa Timur V 2018 ini diakhiri dengan penampilan kelompok hadrah Nur Iman yang beranggotakan karyawan Universitas Jember, grup seni Patrol Mbako Kerreng dari Desa Mangaran kecamatan Ajung, serta pesta kembang api dan ucapan selamat kepada seluruh pemenang. Kompetisi MTQ-M Regional Jawa Timur VI akan digelar pada tahun 2020 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya.  Berikut daftar pemenang MTQ-M Regional Jawa Timur V 2018. (Red/Yuv)

 

Related Post