Sejarah Ekspansi Islam di Tanah Andalusia

Penulis: Ahmad Rahmatullah

Sebelum menaklukan Spanyol, umat Islam terlebih dahulu menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi dari Dinasti Bani Umaiyah. Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara terjadi pada zaman Khalifah Abdul Malik. Tampaknya, tujuan umat Islam menguasai Afrika Utara adalah membuka jalan untuk mengadakan ekspedisi ke Spanyol lebih mudah dilakukan.

(baca juga: Ini Ternyata Sejarah Munculnya Sarung)

Ekspansi umat Islam ke Spanyol terjadi pada masa al-Walid menjabat Khalifah al- Walid mengizinkan gubernurnya untuk mengirimkan pasukan militer ke Spanyol. Pada awalnya Musa bin Nusyair mengutus tharif bin Malik unuk memimpin pasukan ekspedisi yang bertujuan menjajaki daerah-daerah sasaran.

Kedatangan Islam sudah tentu membawa kultur baru yang memperkaya Spanyol pada umumnya. Oleh karena itu, akhirnya Spanyol (Andalusia) menjadi salah satu pusat peradaban dunia, mengimbangi kejayaan Dinasti Umayah di Damsyik (Damaskus) dan Dinasti Abbasyiah di Baghdad. Tak salah apabila dikatakan Andalusia turut berperan merintis jalan menuju zaman Renaisans di Eropa.

(baca juga: Bukti Distorsi dalam Sejarah Pesawat)

Dalam melakukan ekspansi di Spanyol umat Islam dengan mudah dapat meraih berbagai kemenangan sehingga dalam wakt yang relatif. Singkat, umat Islam dapat menguasai Spanyol. Pertama sikap penguasa bhotic yang tidak toleran terhadap aliran agama yang berkembang saat ini. Kedua, perselisihan antara Raja Roderick dengan witiza (Wali kota Ioledo) di satu pihak dan Ratu Julian di pihak lain. Ketiga, faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah bahwa Roderick tidak mempunyai semangat perang.

Penulis merupakan siswa MA Unggulan Nuris kelas XI PK A. Dia merupakan ketua ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net.

 

 

Related Post