Meski Masih MABA, Alumni Nuris Ini Sukses Jabat Presiden Mahasiswa

Pesantren Nuris-  Alumni Nuris miliki bekal kepemimpinan tangguh sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember. Terbukti, alumni Nuris yang satu ini sudah diangkat sebagai ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) atau presiden mahasiswa di kampus Bisnis Umar Usman Jakarta. Dia adalah Ahsan Afano, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2018.  Berkat kemampuannya di bidang organisasi, tak disangka dia diangkat sebagai presiden mahasiswa padahal dia merupakan mahasiswa baru.

Sejak pertama menginjakkan kakinya di kampus bisnis Umar Usman Jakarta, mantan ketua MSains Nuris Jember ini sudah memiliki pandangan tentang apa yang harus dilakukan selama menjadi mahasiswa. Misinya mencalonkan diri sebagai presiden mahasiswa adalah untuk menciptakan brand, produk, atau bisnis. Selain itu, niatnya mencalonkan diri sebagai Presiden Mahasiswa karena dia sudah punya pengalaman menjadi ketua MSains dan ketua angkatan selama berada di bangku SMA Nuris Jember.

(baca juga: Juara KTI Nasional di Undiksha Bali, Siswa MA Unggulan Nuris Kini Siapkan Presentasi Final lagi di UGM)

Dua minggu setelah mencalonkan diri, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Semua mahasiswa diminta untuk berkumpul di aula kampus Bisnis Umar Usman Jakarta (12/9/2018). Kemudian masing-masing calon diminta untuk berorasi dan menjawab pertanyaan dari seluruh mahasiswa, akademik, dan manajemen kampus secara spontan. Beberapa waktu kemudian, Ahsan Afano terpilih sebagai Presiden Mahasiswa dan detik itu pula langsung serah terima jabatan secara simbolis.

“Saya tidak menyangka terpilih sebagai Presiden Mahasiswa. Sebab orasi dan juga diskusi dilaksanakan secara mendadak tanpa persiapan sebelumnya. Saya tidak akan main-main mengemban amanah ini. Saya akan menjalankan tugas saya dengan baik. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, “kata Ahsan dengan tegas.

“Salah satu cara agar bisa bermanfaat untuk orang lain adalah dengan menjadi pemimpin. Semoga saya bisa bertugas dengan baik. InsyaAllah dengan menjadi pemimpin kita bisa menambah jariyah yang akan terus mengalir” tambahnya. Pria asal Banyuwangi, Jawa Timur ini memang memilih kampus Bisnis Umar Usman Jakarta karena dia ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Sebab, misi dari kampus tersebut adalah kuliah setahun jadi pengusaha. Ahsan akan menempuh pendidikan selama satu tahun dan insyaAllah setelah lulus akan merintis bisnis dan ulet menjadi seorang pengusaha sukses.

(baca juga :Buber dan Baksos Twister, Generasi Peduli Sesama di Bulan Penuh Berkah)

Sejak SMA, Ahsan memang tergolog siswa yang aktif. Dia pernah menjuarai beberapa lomba dan mengharumkan nama SMA Nuris Jember, seperti juara 2 Karya Tulis Ilmiah (KTI) kesehatan tingkat Jawa Timur di Universitas Brawijaya Malang, juara 3 alat peraga matematika di Universitas Muhammadyah Jember, dan juara favorit poster UKM Kependudukan tingkat nasional. Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai ketua Madrasah Sains (MSains) dan ketua angkatan semasa SMA. (Red/Yuv)

Nama : Ahsan Afano

Alumni : Lembaga SMA Nuris Jember, 2018

Kuliah : Kampus Bisnis Umar Usman Jakarta

Related Post