Bermodal Keuletan dan Puasa Daud, Alumni Nuris Ini Sukses Tembus Kuliah ke Luar Negeri

Pesantren Nuris – Alumni Nuris nampaknya semakin menyebar ke berbagai daerah. Sebab, mereka tidak hanya melanjutkan pendidikan di universitas ternama dalam negeri saja, tetapi juga beberapa universitas ternama di luar negeri. Selain China dan Thailand, alumni Nuris juga kuliah di salah satu negara maju yaitu Taiwan. Dia adalah Muhammad Rofiki Efendi, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2018.

Semangat Rofiki untuk kuliah memang luar biasa. Terbukti, dia lolos seleksi ITCC (Indonesia Tionghoa Culture Centre) dan resmi menjadi mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis di Shoufu University Taiwan. Ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, sebab pria kelahiran Jember tersebut berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya seorang kuli bangunan, sedangkan Ibunya sebagai Ibu rumah tangga.

(baca juga : Alumni Nuris Merintis Bisnis, Tantangan Era Milenial dan Filosofi Studi)

Rasanya tidak mungkin anak seorang kuli bangunan, bisa kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan yang bergengsi. Namun rencana Allah Swt lebih indah, dia diterima di Shoufu University melalui program beasiswa. Sosok pria penyabar ini mendapat beasiswa bersubsidi, sehingga dia hanya membayar lima puluh persen saja dari biaya kuliah yang ditetapkan.

Penggagas program seleksi ITCC merupakan tokoh kondang, Dahlan Iskan. Program tersebut memberikan kesempatan bagi seluruh pelajar Indonesia yang memiliki keinginan kuliah di China juga negeri Tirai Bambu. Usai dinyatakan lolos seleksi ITCC, dia harus melalui serangkaian kegiatan di antaranya mengikuti pelatihan toefl dan mendapatkan nilai toefl minimal 450, pelatihan bahasa Mandarin, dan tes MCU (Medical Check-Up). Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan di Surabaya.

(baca juga: Siswa SMA Nuris Ini Lolos Beasiswa Kedokteran di China)

Nampaknya tidak lama lagi Rofiki akan meninggalkan Indonesia. Sabtu (22/9) lalu, digelar acara pelepasan mahasiswa penerima beasiswa ITCC. Kurang lebih 360 mahasiswa penerima beasiswa ITCC ini mengikuti acara tersebut di DBL Academy Basketball School Surabaya. Acara tersebut berlangsung meriah dan dihadiri sekitar 360 penerima mahasiswa, Walikota Surabaya, Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, dan pejabat penting lainnya.

Merupakan suatu pelajaran yang berharga, seorang anak kuli bangunan bisa kuliah di luar negeri. Semua itu berkat ketekunan dan keuletannya. Hampir lima bulan Rofiki selalu berpuasa Daud. Selain itu, dia juga sangat taat terhadap Bapak dan Ibu guru “Saya berpesan kepada seluruh adik-adik saya, selagi mereka masih menjadi santri dan tinggal di pondok, carilah barokah sebanyak-banyaknya. Semoga SMA Nuris Jember, makin eksis, “ kata Rofiki.(red/Yuv)

Nama : M. Rofiki Efendi

Alumni : SMA Nuris Jember, 2018

Kuliah : Shoufu University Taiwan jurusan Adiministrasi Bisnis

Related Post