Ekstrakurikuler Sains Nuris, Gali dan Asah Potensi Siswa dengan Prima

Pesantren Nuris- Yayasan Nurul Islam selalu memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh siswanya. Salah satu pelayanan terbaik tersebut adalah membentuk ekstrakurikuler sains yang biasa disebut dengan Madrasah Sains (MSains) Nuris. Madrasah Sains tersebut berdiri kurang lebih 4 tahun yang lalu dan aktif hingga kini. Melalui Msains seluruh siswa dapat menyalurkan bakatnya di bidang sains. Sebab Msains bertugas mewadahi dan mengelola bakat siswa di bidang sains, sehingga siswa semakin berprestasi.

Anggota dari ekstrakurikuler sains ini adalah seluruh siswa pilihan yang memiliki bakat di bidang sains mulai dari siswa MI Unggulan Nuris, SMP dan MTs Unggulan Nuris, dan SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris. Di tahun pelajaran 2018/2019 ini, Msains Nuris memiliki kurang lebih 36 bidang. MSains Nuris menyediakan kurang lebih 6 bidang untuk MI Unggulan Nuris di antaranya Matematika dan IPA Dasar, MTK dan IPA lanjutan kelompok A, juga MTK dan IPA lanjutan kelompok B.

Untuk siswa SMA Nuris, MSains menyediakan kurang lebih 15 bidang di antaranya Matematika Dasar, Matematika Lanjutan, Astro Fisika Dasar, Astro Fisika Lanjutan, Biologi Dasar, Biologi Lanjutan, Kimia Dasar, Kimia Lanjutan, Ekonomi Dasar 1,2, dan 3, KIR Robotika, KIR Kesehatan, KIR Biokimia, dan KIR Sosial. MSains Nuris menyediakan 11 ekstrakurikuler sains di antaranya Matematika Dasar, Matematika Lanjutan, Astro Fisika Dasar, Astro Fisika Lanjutan, Biologi Dasar, Biologi Lanjutan, Kimia Dasar, Kimia Lanjutan, KIR Robotika, KIR Kesehatan, KIR Biokimia.

Berbeda dengan SMK Nuris Jember, MSains menyediakan kurang lebih 5 ekstrakurikuler sains di antaranya Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Desain, Programming, dan KIR Robotika. Untuk SMP dan MTs Unggulan Nuris, MSains menyediakan kurang lebih 9 bidang di antaranya Matematika Dasar, Matematika Lanjutan, IPA Biologi Dasar, IPA Biologi Lanjutan, IPA Fisika Dasar, IPA Fisika Lanjutan, IPS, Robotika, dan KIR.

(baca juga: Peringati World Space Week, MSains Astronomi Observasi Sunspot)

Tidak semua siswa bisa bergabung di ekstrakurikuler Sains ini. Sebab, untuk bergabung di ekstrakurikuler tersebut siswa harus mengikuti seleksi panjang. Awalnya mereka diminta untuk mengisi angket sesuai dengan bidang sains yang diminatinya. Kemudian diadakan seleksi dengan mengerjakan soal pilihan ganda sesuai dengan bidang yang dipilih. Siswa yang mendapat nilai sesuai dengan standar yang ditetapkan dinyatakan lolos. Berbeda dengan ekstrakurikuler sains bidang KIR, mereka akan diberi seminar tentang KIR kemudian diadakan seleksi dalam bentuk menulis dan presentasi.

Siswa yang terjaring dalam ekstrakurikuler sains ini, akan mendapatkan pembinaan secara intensif oleh tentor-tentor pilihan, baik dari Bapak/Ibu Guru Nuris maupun tentor luar yang berbakat dan memenangkan beberapa kejuaraan. Pembinaan dilakukan secara bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Yang jelas pembinaan dilakukan setiap pukul 15.30-17.00 WIB.

Ekstrakurikuler Sains ini termasuk dalam pengelolahan Kasi Penjamin Mutu Siswa yayasan Nurul Islam Jember. Desy Maya Fitriyah merupakan kepala ekstrakurikuler Sains yang akan bekerjasama langsung dengan tim penjamin mutu siswa yayasan Nurul Islam Jember yang dikepalai langsung oleh Mila Karmila,S.Pd. Hingga saat ini, MSains Nuris berhasil kumpulkan ratusan piala melalui siswa berprestasi binaannya. Selain itu, alumni Msains Nuris juga berhasil diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bergengsi di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, ITS (Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan lain-lain.

(baca juga: Karantina Khusus, Latihan Soal, Siswa Msains Siap Bersaing di OSK 2018)

“Dengan pembinaan intensif bersama tentor yang ahli di bidangnya, saya berharap siswa MSains Nuris semakin berprestasi. Tidak hanya berprestasi tingkat kabupaten maupun Jawa Timur saja, tetapi juga tingkat nasional. Kami siap melakukan yang terbaik, kerja sepenuh hati untuk mewujudkan Nuris yang semakin maju dengan prestasi,” kata Desy Maya Fitriyah, kepala ekstrakurikuler Sains Nuris. (red/Yuv)

 

Related Post