Jaminan Guru Profesional Tentukan Kualitas Siswa di MA Unggulan Nuris

Jaminan Guru Profesional Tentukan Kualitas Siswa di MA Unggulan Nuris

Pesantren Nuris – Penilaian Kinerja Guru atau yang dikenal dengan PKG di MA Unggulan Nuris telah usai di laksanakan oleh Kepala Madrasah, Balqis Alhumairo, S.Pd.I. Secara umum, para guru di MA Unggulan Nuris memiliki kompetensi dan kecakapan yang mumpuni dan profesional. Terdapat 12 guru yang telah dievaluasi kinerjanya sejak tanggal 09 Agustus hingga usai tanggal 28 Agustus 2018 tempo lalu.

Sebagai salah satu program unggulan tahunan pemimpin di lembaga yang bernaung di Yayasan Nurul Islam Jember tersebut, PKG merupakan salah satu wujud upaya dalam meningkatkan kualitas guru. Putri pertama Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris Jember menyatakan kepuasannya atas peningkatan kualitas guru yang dimilikinya.

Guru dari semua mata pelajaran tanpa terkecuali masuk daftar PKG periode 1 ini. Mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Tafsir, Alquran Hadits, Bahasa Arab, Fikih, SKI, Kimia, Fisika, Biologi, dan BMK.

(baca juga: Anadara, Terobosan Kesehatan Gigi Modern Berbahan Dasar Limbah)

“PKG ini adalah periode pertama yang kami lakukan untuk mengevaluasi 12 guru yang ada. Nanti akan berlanjut terhadap 20 guru lebih lainnya untuk kami evaluasi juga kinerjanya. Aspek penilaian yang kami periksa yakni, proses perencanaan pembelajaran, kemampuan dalam mengekskusi pembelajaran, serta kelengkapan administrasinya. Guru kami juga ada beberapa yang multilingual lo.” Ungkap Balqis Alhumairo.

“Berdasarkan aspek-aspek tersebut, secara umum guru-guru di MA Unggulan Nuris sudah sangat baik dan masuk kategori profesional. Pemanfaatan media pembelajaran dan model serta teknik pembelajaran yang digunakan sudah mutakhir dan kreatif. Saya optimis ini akan berdampak terhadap kualitas lulusan siswa kami dalam menguasai aspek pengetahuan mulai kognitif, psikomotorik, dan afektif.”

Sesuai dengan ekspektasi tinggi di MA Unggulan Nuris, program PKG rutin dilakukan sebagai bahan evaluasi kepala madrasah. Dengan slogan Go International, MA Unggulan Nuris memiliki visi misi dalam mewujudkan generasi unggul secara akhlak berhaluan aswaja, cerdas berprestasi, dan almamaternya mampu tembus melanjutkan pendidikan tinggi di kampus bergengsi baik domestik maupun luar negeri.

(baca juga: Nambah Lagi, 2 Siswa Terbaik MA Unggulan Nuris Masuk Al Azhar Mesir dengan Beasiswa)

Kolaborasi yang baik antara lembaga di MA Unggulan Nuris dan Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Yayasan Nurul Islam Jember, guru hasil seleksi ketat ini mampu beradaptasi dengan cepat di lembaga yang berasrama di Pesantren Nuris Jember ini. Terbukti, MA Unggulan Nuris memiliki segudang prestasi mulai tingkat kabupaten hingga nasional. Bahkan, lembaga yang baru berdiri tahun 2011 tersebut telah menghantarkan almamaternya kuliah di kampus favorit hingga ke luar negeri seperti, Thailand, Yaman, China, dan Mesir.

“Saya berharap sinergi guru yang sudah profesional ini terus istiqomah dalam membina anak didiknya, terus semangat, terus semakin meningkatkan pengetahuan dan pengalaman agar pendidikan di MA Unggulan Nuris semakin berkualitas. Saya mengucapkan terima kasih atas perjuangan semua guru di lembaga ini.”[AF.Red]

(baca juga: Izza Nur Layla, Santri dengan Segudang Bakat)

Related Post