Resensi Novel 5CM : Sahabat Sejati, Sukses Bersama

Judul Buku                  : 5 CM

Tahun Terbit                : Mei 2005

Kota Terbit                  : Yogyakarta

Penulis                         : Dhonny Dhirgantoro

Jumlah Halaman          : 381 hlm

Nomor Edisi Terbit     : ISBN 979-759-151-4

Peresensi                     : Rofiatul Ananda

Sinopsis

Dalam novel yang berjudul 5 CM ini mengisahkan 5 remaja dengan kepribadian yang berbeda dan menjalin persahabatan. Tokoh-tokoh dalam novel ini adalah Riani, Zafran, Genta, Arial, dan tokoh yang mengidolakan Happy Salma. Rianti merupakan seorang gadis cantik berkacamata dan cerdas. Dia bercita-cita menjadi seorang presenter stasiun TV. Zafran adalah anak band, berbadan kurus, dan menjadi pelebur di antara 5 kawannya. Arial merupakan tokoh selalu rapi dalam acara apapun, Genta adalah sosok yang paling dewasa dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Tokoh terakhir adalah laki-laki bertubuh besar yang sangat mengidolakan Happy Salma.

Kisah dalam novel 5CM ini,dimulai dari kejenuhan di antara mereka berlima karena setiap hari selalu bersama. mereka berambisi untuk tidak bertemu dan berkumpul selama beberapa tahun hingga apa yang mereka cita-citakan terwujud. Mereka akan reuni, jika apa yang mereka cita-citakan sudah tercapai. Akhirnya masing-masing dari mereka berhasil meraih mimpi dan memutuskan untuk reuni dengan menanjak Gunung Mahameru, sebagai gunung yang fenomenal di Indonesia. Persahabatan mereka benar-benar kuat, karena

akhirnya berhasil menaklukan jalan yang penuh dengan perjuangan hingga akhirnya mereka dapat sampai di puncak gunung Mahameru.

 (baca juga: Resensi Hatta, Aku Datang karena Sejarah: Meneladani Sosok Hatta)

Kelebihan

Novel berjudul 5CM, menceritakan kisah yang menarik. Sebab persahabatan yang terdiri dari 5 remaja ini harus terpisah demi menggapai mimpi masing-masing. Kelima remaja tersebut berusahan keluar dari zona nyaman untuk menuju kesuksesan. Selain itu, novel ini juga memberikan pelajaran tentang makna sebuah kebersamaan. Penulis sukses membuat pembaca penasaran, sebab peristiwa yang dialami tokoh susah ditebak.

 

Kekurangan

Di balik kelebihannya, Novel berjudul 5CM ini juga memiliki kelemahan. Sebab, tidak ada karya yang sempurna. Novel ini menggunakan beberapa bahasa yang susah dipahami oleh pembaca. Akibatnya, pembaca susah memahami alur cerita.

(baca juga: Menghayati Perjuangan Seorang Ibu)

Nilai buku

Novel berjudul 5CM ini, cocok dibaca oleh remaja. Sebab, memberikan pelajaran tentang arti sebuah persahabatan. Mengajarkan kepada pembaca, bahwa persahabatan itu tidak hanya sekedar berkumpul bersama dan bersenang-senang saja, tetapi persahabatan hebat yang masing-masing anggotanya bisa meraih mimpinya.

 

Related Post