Berdaya Saing Tinggi, Lulusan SMA Nuris Jember Kuliah di Kedokteran China dan Administrasi Bisnis di Taiwan

Pesantren Nuris-  Lulusan SMA Nuris Jember semakin mendunia. Tiga alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2018 ini bulatkan tekad untuk kuliah di luar negeri. Ketiganya adalah M. Rofiki Effendi, Qobith Ahmad Al-Ghufron, dan Putri Candra Kirana. Rofiki dan Qobith melanjutkan studi di jurusan Administrasi Bisnis Shoufu University Taiwan. Sedangkan, Putri Candra Kirana melanjutkan studi di jurusan Kedokteran Hubey Polytechnic University Tiongkok.

Dua pria alumni SMA Nuris Jember tersebut akan berangkat ke Taiwan Oktober mendatang, sedangkan gadis cantik yang kerap disapa Putri tersebut akan berangkat 29 September 2018 yang lalu. “Bagi saya kuliah di luar negeri bukan hanya sebuah pencitraan belaka agar bisa dipandang keren, tetapi kemampuan lulusan kuliah di luar negeri lebih diakui, “kata Rofiki.

(baca juga: Satu Lagi, Alumni SMA Nuris Jember Go Internasional Sekaligus Rebut Beasiswa di Taiwan)

Semangat tiga lulusan tersebut sangat tinggi. Mereka ingin studi S2 hingga S3 di luar negeri. “Santri harus memiliki daya saing. Santri tidak melulu hanya belajar ilmu agama saja, tetapi juga harus belajar banyak hal dengan menempuh studi ke luar negeri, “ imbuhnya. Pilihan jurusan Kedokteran dan Administrasi Bisnis dipilih ketiganya berdasarkan arahan dari guru Bimbingan Konseling (BK).

Tidak hanya Rofiki, Qobith, dan Putri saja yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Masih banyak kakak kelas mereka yang berhasil kuliah hingga ke luar negeri. Tidak hanya S1 saja, melainkan S2 hingga S3. Saat ini, Nur Izzatul Maulida, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2011 sedang melanjutkan studi doktoral di Taiwan. Dua alumni SMA Nuris Jember lainnya juga sedang menempuh kuliah S1 di Guilin University, Tiongkok. Keduanya adalah Abdul Wahab dan Irfan Maulana Ahsan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2017.

(baca juga: Bermodal Keuletan dan Puasa Daud, Alumni Nuris Ini Sukses Tembus Kuliah ke Luar Negeri)

Pengasuh pesantren Nuris Jember Gus Robith Qoshidi, Lc., menjelaskan keberhasilan siswa SMA Nuris Jember untuk kuliah di luar negeri merupakan bukti bahwa mereka memiliki daya saing yang tinggi dan bisa bersaing dengan lulusan lainnya. Apalagi mereka adalah santri yang memiliki bekal agama yang kuat untuk tinggal di luar negeri. Kapan dan dimana pun berada, lulusan SMA Nuris Jember akan hadir untuk membangun negeri. Saat ini mereka sedang menempuh pendidikan hingga ke luar negeri dan siap mengabdi untuk negeri.

Perkembangan dunia pendidikan direspon begitu cepat dan bijak oleh SMA Nuris Jember. Terbukti berbagai upaya dilakukan, seperti mendatangkan berbagai pakar agar siswa termotivasi untuk belajar, adanya ekstrakurikuler sains dan nonsains serta bahasa yang dikelola dengan baik oleh Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember, dan lain-lain.

(baca juga: Siswa SMA Nuris Ini Lolos Beasiswa Kedokteran di China)

Tak heran jika siswa SMA Nuris Jember berprestasi hingga tingkat nasional di berbagai cabang lomba. Tak hanya itu, lulusan SMA Nuris Jember juga diterima di beberapa perguruan tinggi favorit dalam negeri seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Sepuluh November (ITS), Universitas Brawijaya (UB), dan beberapa PTN favorit lainnya. (red/Yuv)

Nama : Putri Candra Kirana

Alumni : Lembaga SMA Nuris Jember, 2018

Kuliah : Hubey Polytechnic University Tiongkok Jurusan Kedokteran

Related Post