Islam Menjunjung Cinta

Penulis: Deli Anisa

Tak kenal waktu, cinta dapat diungkapkan kapan saja. Cinta dapat diberikan kepada siapa saja terutama kepada sesama muslim. Islam adalah agama yang penuh cinta dan menganjurkan untuk saling menyayangi satu sama lain. Bahkan, Islam menganjurkan untuk berbagi hadiah guna menumbuh kembangkan rasa cinta antarsesama.

(baca juga: Bagaimanakah Definisi Hebat Menurut Islam?)

Muharram adalah saat yang tepat untuk berbagi kebahagiaan. Muharram merupakan bulan mulia di antara bulan-bulan Islam lainnya. Salah satu tanggal dalam bulan Muharram juga merupakan tanggal istimewa, yaitu tanggal 10 Muharram. Umat Islam biasa menyebutnya hari kasih sayang. Hari dimana kita dianjurkan untuk berbagi satu sama lain. Bersedekah pada bulan Muharram 10 kali lebih mulia daripada bulan lainnya.

Tidak hanya itu, pada bulan ini kita sebagai umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa. Adapun tanggal-tanggal yang dianjurkan antara lain , 9 (tasu’ah) dan 10 (asyura) Muharram. Keutamaan berpuasa pada tanggal tersebut adalah dihapus dosanya selama setahun lalu dan setahun yang akan datang. Kita telah mengetahui bahwa 10 Muharram adalah hari kasih sayang bagi umat islam. Jadi, kita tidak perlu lagi ikut merayakan hari Valentine yang notabene diperingati setiap tanggal 14 Februari.

(baca juga: Sambut Tahun Baru Islam, Lakukan Amalan Berikut)

Nabi Muhammad Saw bersabda yang artinya “Barang siapa mengikuti budaya suatu kaum maka dia menjadi bagian dari mereka.” Sebagai umat Islam alangkah baiknya kita melakukan anjuran-anjuran yang telah ada. Jadilah kita Islam yang sebenarnya. Islam yang saling menyayangi dan mencintai satu sama lain.

Penulis merupakan siswa SMA Nuris Jember kelas X IPA 1 dan aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

 

Related Post