Juara 2 Musabaqoh Fahmil Quran Tingkat Jatim, Gemilang Prestasi MA Unggulan Nuris

Juara 2 Musabaqoh Fahmil Quran Tingkat Jatim, Gemilang Prestasi MA Unggulan Nuris

Pesantren Nuris – Prestasi MA Unggulan Nuris tak kalah bergengsi. Pasalnya, pada hari Ahad, 14 Oktober 2018 lalu, tiga siswa cerdas MA Unggulan Nuris torehkan prestasi cemerlang tingkat Provinsi Jawa Timur dalam Ajang Ma’rifah di Institut Agama Islam Negeri Jember bidang Musabaqoh Fahmil Quran (MFQ) sebagai juara 2.

Laylatul Fajriyah, siswa kelas XII PK B, Elfi Maziyyah, dan Aushofi, siswa kelas XI PK A merupakan awak tim MFQ MA Unggulan Nuris yang mampu lolos Babak Final hingga rebut juara 2. Perlombaan bergengsi ini memang telah disiapkan sangat matang selama kurang lebih 3 minggu untuk menghafal dan memahami materi.

(baca juga: MA Unggulan Nuris Gondol 6 Piala Ajang Bahana Muharrom 1440 H)

“Bangga sekali, tim kami solid dan mampu menguasai diri untuk mempersiapkan lomba MFQ tingkat Provinsi Jawa Timur dan raih juara 2. Saya bersyukur akhirnya apa yang telah kami persiapkan membuahkan hasil yang menyenangkan.” Kata Laylatul Fajriyah, ketua tim MFQ MA Unggulan Nuris.

Lomba MFQ ini terdapat 23 tim dari berbagai sekolah yang tersebar dari berbagai daerah di Jatim yang turut berpartisipasi. Di babak penyisihan 23 tim tersebut terbagi dalam 6 kloter. Tim MFQ MA Unggulan Nuris berada di kloter 4 bersama Al Ishlah Bondowoso B, MA Unggulan Mambaul Huda Banyuwangi, dan MA Unggulan Hafshawati Zaha Genggong B. berkat kesigapan tim yang dipimpin Laylatur Fajriyah ini, MA Unggulan Nuris mampu melaju hingga babak final.

(baca juga: Apresiasi Peneliti Litbang Agama Semarang Soal Literasi di MA Unggulan Nuris)

“Sebenarnya kami bisa saja meraih juara 1, hanya saja waktu jeda antara semifinal dan final tidak ada. Kebetulan tim kami yang tampil di akhir saat semifinal dan langsung tampil final, dan belum sempat belajar lagi. Tapi tak apa-apa, kami tetap bersyukur alhamdulillah masih dapat membanggakan MA Unggulan Nuris di ajang MFQ ini. Semoga terus berjaya ke depannya.” Ungkapnya.

Peraih juara Musabaqoh Fahmil Quran di Ajang Tahunan Ma’rifah ICIS IAIN Jember ini yakni, MA Miftahul Ulum Jatiroto Lumajang sebagai Juara 1, MA Unggulan Nuris sebagai juara 2, dan MAN 2 Jember sebagai peraih juara 3.

Keberhasilan siswa MA Unggulan Nuris meraih prestasi gemilang bidang MFQ ini tak lepas dari manajamen pembinaan ekstrakurikuler nonsains yang berkualitas. Melalui Seksi Penjamin Mutu Siswa Nuris, pengawasan dan pendeteksian potensi bakat dan minat siswa dapat diarahkan dengan baik dan proporsional. Mulai persiapan hingga pelaksanaan lomba ekstrakurikuler sudah sangat dipersiapkan dengan sistematis.

“Alhamdulillah ini kabar yang membanggakan MA Unggulan Nuris. Terima kasih kepada tim ekskul nonsains, Pembina, dan anak-anak yang telah gigih mengharumkan nama madrasah kita di kancah provinsi ini. Semoga terus semangat meraih prestasi bidang lainnya.” Apresiasi Ning Balqis Alhumairo, Kepala MA Unggulan Nuris.[AF.Red]

Dokumentasi Juara MFQ Tingkat Jatim ajang Ma’rifah IAIN Jember bersama Dewan Juri

Related Post