Sembilan Tahun Nyantri, Alumni Nuris asal Wuluhan Sukses Raih Sarjana Ekonomi Pembangunan

Sembilan Tahun Nyantri, Alumni Nuris asal Wuluhan Sukses Raih Sarjana Ekonomi Pembangunan

Pesantren Nuris – Kabar membanggakan datang dari pemuda asal Dusun Kepel, RT. 001, RW. 019 Ampel Wuluhan, Kabupaten Jember ini. Setelah sembilan tahun nyantri di Pesantren Nuris Jember seraya menempuh pendidikan tinggi, akhirnya dia mampu meraih sarjana ekonomi pembangunan di Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Mandala, Jember pada hari Sabtu, 08 September 2018 lalu. Siapa pemuda ini? Mari ikuti liputannya!

Pemuda bersahaja dan supel ini bernama Abdulloh  Al Afif. Sejak remaja, dia menempuh pendidikan di Pesantren Nuris Jember yakni, MTs Unggulan Nuris pada tahun 2008 sampai lulus tahun 2011. Tanpa pindah haluan, Afif sapaan akrabnya, melanjutkan pendidikan lanjutan di MA Unggulan Nuris, sekaligus sebagai siswa angkatan pertama di lembaga madrasah aliyah yang kini dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut.

(baca juga: Komitmen Jadi Aparatur Negera, Alumni Nuris Berprestasi Nasional ini Lolos PKN STAN)

Sampai lulus pada tahun 2014 di MA Unggulan Nuris, lelaki kelahiran Jember, 15 Januari 1996 ini tetap berada di Pesantren Nuris Jember—mengabdi sebagai pengurus pesantren—sambil melanjutkan studi tingkat tinggi di kampus STIE Mandala dengan program studi Ekonomi Pembangunan.

“Tak ada yang tersisihkan selama bisa membagi waktu saat fokus kuliah dan membantu pesantren. Justru banyak manfaatnya saat bisa kuliah dan memperbanyak pengalaman membina santri. Ini pengalaman yang tak mudah orang lain dapatkan jika bukan seorang santri. Berkah didapat, ilmu, pengalaman berharga, dan yang pasti sampai sukses meraih sarjana.” Ungkap Afif.

“Meski kesempatan ikut organisasi sulit karena tugas di pesantren, tetapi saya malah bersyukur sebab pesantren sudah lebih dari sekadar aktif di organisasi biasa. Pembinaan kepemimpinan saya dapatkan, ilmu langsung dari kyai malah. Selama tiga tahun setelah lulus dari MA Unggulan Nuris saya mengabdi.” Katanya.

(baca juga: Sukses Berkarier di Perusahaan, Alumni Nuris Ini Mesra dalam Berkeluarga)

Putra sulung dari  Mujayin Ashari dan Siti Khoiriyah ini kini sukses meraih Sarjana Ekonomi pembangunan setelah menyelesaikan skripsi berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Perkembangan UMKM di Kabupaten Jember (Studi Kasus di Kecamatan Arjasa)”. Tak tanggung-tanggung, dia lulus dengan pujian karena indeks prestasi komulatifnya mencapai 3,52.

Motivasi belajarnya yang tinggi membuat Afif berniat meneruskan pendidikan hingga pascasarjana di masa depan. Dia memiliki cita-cita menjadi pebisnis sukses dan terus berusaha menempa diri. Dengan menyiapkan berbagai administrasi untuk kuliah lagi seraya kerja sambilan, dia ingin ikut andil dalam memikirkan serta menyelesaikan perekonomian bangsa dengan ilmu yang dimilikinya.[AF.Red]

Nama : Abdullah Al-Afif

Alumni : Lulusan MA Unggulan Nuris, 2014

Kuliah : STIE Mandala Jember, Jurusan Ekonomi Pembangunan

Related Post