Sekilas Info Capaian Prestasi SMA Nuris Jember, Kantongi Banyak Piala Tingkat Nasional

Pesantren Nuris- Sekolah berbasis pesantren bukan berarti tidak kekinian. SMA Nuris Jember semakin kekinian dengan capaian prestasinya. Baru berlangsung satu semester di tahun pelajaran 2018/2019, sekolah tersebut berhasil kantongi 27 piala dari berbagai kejuaraan.  Piala dalam kejuaraan tingkat nasional mendominasi koleksi piala SMA Nuris Jember.

Tujuh piala dari kejuaraan tingkat nasional berhasil dikantongi oleh SMA Nuris Jember. Tujuh piala tersebut berasal dari lomba bidang sains, nonsains, dan bahasa. Di bidang nonsains, M. Syariful Umam siswa SMA Nuris Jember kelas XI IPA 1 berhasil raih juara 1 lomba desain poster di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Selain itu, dia juga meraih juara 2 ajang desains poster di Universitas Jambi.

Sedangkan di bidang sains, beberapa tim Karya Ilmiah Remaja SMA Nuris Jember berhasil meraih beberapa kejuaraan tingkat nasional. Ajang kompetisi Karya Ilmiah yang berhasil dijuarai siswa SMA Nuris Jember, di antaranya kompetisi Esai ajang Bineca 2018 di Universitas Bina Nusantara Jakarta, juara favorit ajang Teknologi Tepat Guna di Universitas Brawijaya.

Dalam dunia literasi, siswa SMA Nuris Jember juga berhasil raih juara tingkat nasional. Ayu Novitasari kelas XII IPS 1, berhasil gondol juara harapan 1 cerpen tingkat nasional di Universitas Indonesia. Tasya Dea siswa kelas XII IPA 1 SMA Nuris Jember juga berhasil raih juara harapan 2 dalam ajang  Cerpen Mitologi Tingkat Nasional di IKIP Veteran Semarang.

(baca juga: Cintai Akutansi, Tiga Siswa SMA Nuris Jember Juara 1 Accounting Fair 2018 Tingkat Nasional)

SMA Nuris Jember juga berprestasi di tingkat provinsi Jawa Timur. Delapan piala Jatim berhasil dikumpulkan oleh sekolah tersebut. Wildanul Alief dan Laili Nuriys Istiani, siswa SMA Nuris Jember berhasil meraih juara 2 olimpiade Kimia se-Jatim. Selain itu, lima tim Karya Ilmiah Remaja juga berhasil raih kejuaraan tingkat Jatim.

Esai yang ditulis oleh M. Fajri Kholili berhasil meraih juara 1 di Universitas Negeri Surabya, mengalahkan mahasiswa. Tim Pramuka Nuris juga meraih juara 1 Lintas Alam Giri Wana Rally XIII Kategori Kekompakan Regu Tingkat Jawa Timur di Hutan RPH Glundengan BKPH Wuluhan. Siti Khofifatul A juga berhasil meraih juara 3 lomba tahfiz Alquran 5 juz.

Empat piala dari lomba tingkat se-Ekskarisidenan Besuki juga berhasil dikantongi oleh SMA Nuris Jember. Empat piala tersebut dari kemenangan di olimpiade Kimia dan  Debate Competition. SMA Nuris Jember juga berprestasi di tingkat kabupetn Jember. Delapan piala tingkat kabupaten Jember berhasil didapatkan dari berbagai lomba seperti tilawah, baca puisi, kaligrafi, pidato bahasa Inggris, dan beberapa lomba lainnya.

(baca juga: Atasi Masalah Gizi pada Ibu Hamil, Siswa SMA Nuris Jember Raih Juara Esai Nasional)

Prestasi ini tentu tidak luput dari dukungan penuh pihak sekolah yang dikepalai oleh Gus Robith Qoshidi, Lc. SMA Nuris Jember selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan siswa berprestasi. “Alhamdulilah SMA Nuris Jember sudah berhasil mengantongi puluhan piala tingkat kabupaten, karisidenan, provinsi, hingga nasional. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Kami akan terus menggali dan mengembangkan kemampuan siswa sehingga mereka berprestasi. Santri di era modern tidak hanya pandai di bidang keagamaan saja, tetapi harus memiliki kemampuan yang lain dan positif,” tutur Gus Robith, kepala SMA Nuris Jember. (red/Yuv)

Related Post