Dominasi Kemenangan Olimpiade Matematika Se-Jember, Tiga Siswa Ini Banggakan SMP Nuris Jember

Pesantren Nuris- Pengembangan program sains di SMP Nuris Jember semakin mantab saja. Belum satu semester di tahun pelajaran 2018/2019, sekolah tersebut sudah mengantongi puluhan juara. Juara yang sudah berhasil diraih tidak hanya di bidang keagamaan tetapi juga di bidang sains. Baru-baru ini, tiga siswa SMP Nuris Jember juarai olimpiade se-Jember.

Minggu lalu, 11 November 2018 tiga siswa SMP Nuris Jember raih juara dalam ajang MUSCAN (Muslim Competition of Nidhomiyyah) 2018. Tiga siswa tersebut adalah M. Azhar Zanky, Alfiatus Solehah, dan Umi Karimah. Ketiganya merupakan siswa kelas VII Sains SMP Nuris Jember. M. Azhar Zanky meraih juara 2, Alfiatus Solehah meraih juara 3, dan Umi Karimah  meraih juara harapan 1. Ajang MUSCAN 2018 ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nidhomiyah Pakusari. Kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pahlawan yang bertajuk “Semarak Pahlawan Tingkat Pelajar se-Kabupaten Jember Jenjang RA, TK, dan SD-SMA Sederajat”.

(baca juga: Vidia Agustin, Siswa Kebanggan SMP Nuris Jember Juara 3 Pidato Ajang PAIS 2018)

Ajang ini terdiri dari satu babak. Dari puluhan peserta asal SMP sederajat se-Kabupaten Jember tiga siswa SMP Nuris Jember berhasil menjadi 4 peserta terbaik. Ketiganya merupakan siswa yang aktif di ekstrakurikuler Msains Matematika dan masuk ke kelas sains di SMP Nuris Jember. Butuh waktu kurang lebih 2 minggu untuk mempersiapkan lomba ini. Selama dua minggu, mereka diberi pembinaan intensif bersama dengan tentor yang kompeten di bidangnya. Hampir setiap hari selama kurang lebih 2 minggu, ketiganya berlatih soal. Tidak tanggung-tanggung, soal yang digunakan untuk berlatih adalah soal berbasis olimpiade baik tingkat kabupaten maupun provinsi mulai dari tahun 2015 sampai dengan 2017.

Namun, usaha tida menghianati hasil. Hingga akhirnya tiga siswa tersebut berhasil meraih tiga kejuaraan sekaligus. “Alhamdulilah, kami bisa mengharumkan nama SMP Nuris Jember. Kami berhasil meraih juara 2, 3, dan harapan 1. Prestasi ini, bukan akhir dari segalanya, tetapi harus kami tingkatkan lagi. Semoga prestasi kami ke depan semakin baik lagi,” pungkas tiga siswa SMP Nuris Jember tersebut.

(baca juga: Kalahkan Siswa SMP Se-Jember, Siswa SMP Nuris Ini Juara 2 English Competition 2018)

Peraih juara 1 dalam olimpiade tersebut adalah Mufidatul Haq, siswa asal MTs Unggulan Nuris. Prestasi ini membuktikan bahwa SMP Nuris Jember bisa bersaing dengan sekolah lain se-Jember. “Kami akan terus meningkatkan pembinaan dan pelaksanaan ekstrakurikuler sains SMP Nuris Jember. Semoga prestasi SMP Nuris Jember semakin berkelas,” tutur Gus Rahmad, kepala SMP Nuris Jember. (red/Yuv)

Related Post