Pelajar MA Unggulan Nuris, Borong 2 Piala Kaligrafi Kontemporer dan Puisi Muscan 2018

Pelajar MA Unggulan Nuris, Borong 2 Piala Kaligrafi Kontemporer dan Puisi Muscan 2018

Pesantren Nuris – Ajang Muscan (Muslim Competitions of Nidhomiyah) 2018 benar-benar milik siswa MA Unggulan Nuris (11/11/2018). Dari 2 bidang lomba yang diikuti seperti kaligrafi kontemporer dan baca puisi, semuanya dapat didominasi dengan maksimal. Karina Adinda, meraih juara 1, dan Qonitatul Alufa meraih juara 2 dalam lomba kaligrafi kontemporer sedangkan baca puisi direbut oleh Oktavia Safrina sebagai juara 3.

Perlombaan tingkat Kabupaten Jember ini diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Nidhomiyah, Pakusari, Jember. Total 5 siswa terbaik MA Unggulan Nuris yang berpartisipasi di Ajang Muscan 2018 dengan rincian, 3 siswa dalam lomba baca puisi dan 2 siswa dalam lomba kaligrafi kontemporer.

“Kami telah dipersipakan melalui kegiatan ekstrakurikuler nonsains kaligrafi seminggu 3 kali. Dengan pembinaan yang intensif mulai belajar khat, pewarnaan, hiasan sehingga kami siap untuk ikut lomba. Alhamdulillah saya bisa juara 1 dan kakak kelas saya, mbak Qonita juga juara 2.” Kata Karina, siswa kelas XI PK B MA Unggulan Nuris tersebut.

(baca juga: Juara 2 Musabaqoh Fahmil Quran Tingkat Jatim, Gemilang Prestasi MA Unggulan Nuris)

“Kejutannya lagi, Delilatur, siswa kelas X SMA Nuris Jember sudah mampu merebut juara harapan 1. Padahal, dia masih anak baru di ekskul kaligrafi. Kami bisa mendominasi kejuaraan kaligrafi ini.” imbuhnya.

Proses lomba kaligrafi kontemporer ini memerlukan waktu 180 menit atau setara 3 jam. Makro’ kaligrafinya adalah surat Alikhlas. Dengan media kertas gambar ukuran A3 dan cat air, seluruh peserta bergegas berkreasi membuat kaligrafi sebaik mungkin. Dari total 30 peserta lebih, mereka merebutkan 3 juara utama dan 2 juara harapan.

Peraih juara kaligrafi kontemporer tingkat SMA sederajat yakni, Karina Adinda Putri juara 1 (MA Unggulan Nuris), Qonitatul Alufah juara 2 (MA Unggulan Nuris), Mentari Indah K. juara 3 (MA Darus Sholah), Delilatur Rohmah harapan 1 (SMA Nuris Jember), dan Mashlahatul Khomariyah harapan 2 (SMK Tunas Bangsa).

(baca juga: Sahrul Hibatullah, Juara 2 MTQ Tingkat Provinsi Ajang Ma’rifah 2018)

Sementara itu, Oktavia Safrina, siswa kelas X PK B MA Unggulan Nuris yang meraih juara 3 baca puisi setelah melalui proses pembacaan 1 puisi wajib dari panitia dan 1 puisi pilihan bertema perjuangan. Daftar juara lomba ini yakni, Rizki Afdhal juara 1 (SMA Nuris Jember), Tasya Leonil juara 2 (SMK Farmasi), Oktavia S juara 3 (MA Unggulan Nuris), M. Raka harapan 1 (SMK Plus Al Azhar), dan Dwi harapan 2 (SMA 10 November).

Latifah Muzayyana, waka kuirkulum MA Unggulan Nuris, mengapresiasi prestasi anak didiknya. “Kami bersyukur bisa menambah catatan juara di MA Unggulan Nuris. Semoga mereka terus bersemangat membanggakan orang tua dan lembaga tercinta ini.”[AF.Red]

Karina Adinda bersama hasil karya kaligrafinya

Qonaitatul Alufah dan hasil karya kaigrafinya

Related Post