Ungkap Peran Teknologi dan Generasi Muda, Anisa Citra Raih Juara Speech Contest di UIJ

Pesantren Nuris–  Lagi-lagi siswa MA Unggulan Nuris raih juara dalam ajang kebahasaan. Piala English Speech Contest di Universitas Jember berhasil dikantongi oleh salah satu siswa madrasah tersebut. Dia adalah Anisa Citra, siswa kelas XI PK B MA Unggulan Nuris. Gadis yang dikenal pendiam ini, berhasil raih juara 3 dan mampu mengalahkan 54 peserta lainnya asal SMA/ sederajat se-Kabupaten Jember. Ajang tersebut diadakan oleh Universitas Islam Jember (24/11/2018).

Tema Speech Contest ini adalah “Young Generation in Today’s Nation-Building” atau peran generasi muda dalam pembangunan negara. Dalam naskahnya, Anisa menyampaikan bahwa generasi muda tidak perlu menjauh atau menghindar dengan perkembangan teknologi. Generasi muda harus dekat dengan teknologi dan memanfaatkannya secara bijak untuk hal-hal yang positif. Dalam naskah pidatonya, dia juga menyampaikan tokoh-tokoh penemu aplikasi Gojek yaitu Nadiem Makarim, Imam Usman pendiri Ruangguru.com, dan tokoh-tokoh lainnya.

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Mulai dari pronounce, intonation, gesture, penguasaan materi, latihan percaya diri , dan lain-lain dipersiapkannya dengan baik. Butuh waktu kurang lebih dua minggu untuk mempersiapkan lomba pidato bahasa Inggris ini. Ketika perfom di depan dewan juri, dia tampil memukau. Pronounance, intonation, gesture, dan sebagainya berhasil ditampilkan dengan baik.

“Banyak hal yang harus saya persiapkan sebelum mengikuti lomba ini. Bagi saya, semua hal yang berkaitan dengan speech harus disampaikan dengan baik. Sebab, semuanya merupakan suatu sistem yang tidak bisa dilepaskan satu dengan yang lainnya. Alhamdulilah, usaha saya tidak sia-sia dan saya berhasil mendapatkan juara 3 Speech Contest tingkat kabupaten Jember, “ ujar Anisa Citra.

(baca juga: Pelajar MA Unggulan Nuris, Borong 2 Piala Kaligrafi Kontemporer dan Puisi Muscan 2018)

Ini bukan merupakan kompetisi yang mudah. Sebab pesertanya puluhan yang berasal dari berbagai daerah di kabupaten Jember. Kurang lebih 54 peserta harus dikalahkan oleh siswa cantik itu. MA Unggulan Nuris berhasil bersaing dengan sekolah lainnya. Terbukti, madrasah tersebut berada satu tingkat di atas SMA Negeri 2 Jember sebagai juara harapan 2. Sedangkan MAN 1 Jember berhasil meraih juara 1, sedangkan SMA Negeri 1 Jember berhasil meraih juara 2 dan harapan 1. Sebelumnya, siswa MA Unggulan Nuris ini, berhasil raih juara 1 ajang Bahana Muharram se-Jember. Selain itu, masih banyak prestasi lainnya yang berhasil diraih.

Pembinaan dilakukan selama dua minggu, bersama tentor andal Septian Yuwandis, pengajar bahasa Inggris SMA Nuri Jember.  “Siswa bisa karena terbiasa, mereka akan bisa jika sering berlatih. Alhamdulilah usaha Anisa Citra tidak sia-sia dan berhasil meraih juara 3 ajang speech contest tingkat Kabupaten Jember. Saya akan selalu memberikan yang terbaik untuk prestasi ekstrakurikuler bahasa,” pungkas Seprian, tentor Speech Contest yang juga pengajar bahasa Inggris SMA Nuris Jember.

(baca juga: Dua Pelajar PK MA Unggulan Nuris Juara 2 Bahtsul Masail di MAN 1 Jember)

Capaian ini akan menambah koleksi piala, ekstrakurikuler bahasa. Selama semester ganjil di tahun pelajaran 2018/2019 ini, esktrakurikuler bahasa sudah berhasil kantongi  17 piala. Piala tersebut didapat dari berbagai cabang lomba, baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab serta untuk lomba di tingkat kabupaten dan keresidenan besuki. (red/Yuv)

 

Related Post