Keterampilan Desain Asah Kreativitas

Mendesain bukanlah suatu hal yang dapat menghambat seorang santri untuk berimajinasi. Seorang sanSeperti M.Syariful Umam salah satu siswa SMA Nuris Jember kelas XI IPA 1 yang terampil dan mahir dalam bidang desain. Berikut merupakan hasil wawancara antara Rintan Setyo Minarti anggota ekstakurikuler Jurnalistik Website dengan M.Syariful Umam, siswa SMA Nuris Jember kelas XI IPA 1 yang suka dan mahir dalam bidang desain.

Mengapa Anda menyukai bidang desain?

Karena desain itu menarik. Dilihat secara visual desain itu dapat menggugah pandangan orang lain. Selain itu, keterampilan mendesain membutuhkan pengetahuan tentang filosofi tertentu, misalnya untuk setiap komposisi warna yang dipilih pasti melambangkan suatu makna tertentu. Kemudian alasan saya menyukai bidang desain, agar saya tidak hanya menjadi konsumen, namun saya juga bisa menjadi produsen yang dapat menciptakan desain itu sendiri.

(baca juga: Ayu Novitasari: Menulis itu Prioritas dan Kebutuhan)

Bagaimana pandangan Anda jika santri mempunyai keterampilan desain?

Santri mempunyai keterampilan desain itu sangatlah hebat, karena jarang ada seorang santri mahir di bidang desain. Keterampilan mendesain dimiliki oleh masyarakat umum. Seorang santri janganlah menjadi katak dalam tempurung yang tidak mengetahui dunia luar. Sebab, desain sangat dibutuhkan pada masa kini, santri juga harus bisa mengikuti revolusi industri zaman sekarang.

Bagaimana tips Anda agar bisa mendesain dengan baik?

Mungkin setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk melakukan suatu desain. Namun, ini cara saya untuk membuat desain dengan baik. Pertama, kita harus menempatkan pada komposisi tertentu yang diinginkan, misalnya desainnya formal berarti kita harus bisa menyesuaikan warnanya, tata letaknya, dan lain sebagainya. Kedua, untuk anak muda pastinya menggunakan warna yang colour full. Ketiga, sering berlatih minimal sehari sekali agar imajinasi kita dapat terasah. Keempat, sering mencari referensi entah itu di majalah, internet, buku, dan lain sebagainya.

Apa harapan Anda di bidang desain?

Harapan saya khususnya di bidang desain ini adalah untuk kalian generasi muda saat ini kembangkan bakat dan minat yang dimiliki terutama di bidang desain karena di sisi lain kita harus bisa menerima tantangan zaman dan desain sangat dibutuhkan pada masa kini. Jangan berhenti untuk berimajinasi kerena imajinasi tidak terbatas.

(baca juga: Astronomi Bukan Hal yang Menakutkan)

 Prestasi apa saja yang sudah diraih di bidang desain?

Dengan sekolah dan nyantri di Pesantren Nuris Jember bakat saya di bidang desain bisa terasah. Alhamdulilah berhasil meraih Juara 1 Desain tingkat Nasional di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan juara 2 desain tingkat Nasional di Universitas Jambi.

Related Post