Siswa SMA Nuris Jember Menangkan OSK Astronomi dan Kimia 2019, Siap Berlanjut ke OSP

Pesantren Nuris– Tiga siswa SMA Nuris Jember berhasil taklukkan Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) 2019 dan akan berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Provinsi (OSP) 2019. Mereka adalah Raudatul Jannah peraih juara 2 OSK bidang Kimia dan M. Ghorisul Fawaid peraih juara 3 OSK bidang Kimia serta M. Erick Lucky Hafifi  peraih juara 1 OSK Astronomi. Ketiganya akan bertarung di  OSP 9-11 April 2019 mendatang. Untuk tanggal 9 April 2019 OSP bidang Kimia dan tanggal 10 April 2019 untuk OSP bidang Astronomi.

Dalam OSK 2019 ini, SMA Nuris Jember mengirimkan 27 siswa untuk 9 bidang. Jadi masing-masing cabang lomba terdiri dari 3 siswa. Sembilan bidang tersebut terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, dan TIK. Demi kesuksesan OSK tersebut Pihak SMA Nuris Jember memberikan dukungan penuh. Mulai dari seleksi di tingkat sekolah melalui Olimpiade Sains Sekolah (OSS), karantina intensif selama kurang lebih 2 minggu dengan 8 jam perhari. Untuk bidang Astronomi dan Biologi, terdapat program pembinaan Platinum yaitu pembinaan sore dan malam dua bulan sebelum pelaksanaan OSK. Selain itu, hampir setiap hari siswa yang terjaring OSK SMA Nuris Jember dril soal, minimal 100 soal perhari.

(baca juga: Muhammad Fajri Kholili Zain, Leader Sejati, Peraih Juara 3 OSK Astronomi 2018)

OSK menjadi salah satu olimpiade sains bergengsi, karena diikuti oleh siswa berprestasi SMA/sederajat yang memiliki keahlian di bidang sains. Selain itu, olimpiade tersebut berorientasi pada OSN (Olimpiade Sains Nasional). Penjaringan OSN dimulai dari OSS, OSK, dan OSP. Selain itu, persaingan antar peserta OSK begitu ketat. Sistem penilaian masing-masing bidang berbeda. Soalnya pun juga beragam, ada model soal pilihan ganda, esai, dan sebab akibat.

Kemenangan siswa SMA Nuris Jember dalam OSK bidang Astronomi dan Kimia ini membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dengan siswa lainnya yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta se-Jember. Perjuangan siswa SMA Nuris Jember tidak berhenti sampai disini. Raudatul, Ghoris, dan Erick harus melalui perjuangan panjang untuk berlanjut ke OSP dan semoga juga OSN.

SMA Nuris Jember juga memberikan dukungan penuh untuk tiga siswanya yang lolos OSK. Dukungan yang diberikan di antaranya dengan karantina intensif bersama tentor profesional dan juga pelatihan akbar OSP di Surabaya. Keberhasilan SMA Nuris Jember dalam OSK 2019 tidak lepas dari peran tim Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. Tim tersebut menggali dan mengelola bakat siswa di bidang Sains dengan mendatangkan tentor-tentor handal. Sudah dua tahun terakhir siswa SMA Nuris Jember lolos OSK dan berlanjut ke OSP untuk bidang Astronomi dan Kimia.

(baca juga: Terinsprasi Jadi Saintis, Ahmad Wildanul Alief A. Torehkan Prestasi OSK Mapel Kimia)

“Alhamdulilah hasil OSK 2019 mengalami peningkatan, jika tahun kemarin 2 siswa yang lolos, tahun ini 3 siswa. Semoga anak-anak diberi kelancaran dan kemudahan di OSP serta mengharumkan SMA Nuris Jember dan juga menjadi Kabupaten Jember bahkan Provinsi Jawa Timur,” kata Desi Maya, kepala ekstrakurikuler sains yayasan Nurul Islam Jember. (red/Yuv)

Related Post