Bersaing Lagi dengan SMA Negeri 1 Jember, Siswa SMA Nuris Jember Kembali Raih Juara Olimpiade Matematika

Pesantren Nuris– Marisca Nola siswa SMA Nuris Jember kembali banggakan almamaternya melalui kemahirannya di bidang Matematika. Baru sebulan lalu raih kemenangan dalam olimpiade Matematika, kali ini dia kembali meraih juara. Kali ini dia dapatkan juara 3 Olimpiade Matematika “Matriks” tingkat SMA sederajat se-Eks Keresidenan Besuki dan Lumajang dengan tema “Generate Mathematical Inteligence For Z-Generation Through Matriks Competition”.

Kompetisi Matematika tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Jember (10/03/2019). Sebelum dinyatakan sebagai pemenang, dia harus melalui perjuangan yang cukup panjang. Di babak penyisihan dia harus bersaing dengan puluhan peserta lainnya. Lagi-lagi dia harus bersaing dengan siswa asal SMA Negeri 1 Jember.

(baca juga: Bersaing Ketat dengan SMA Negeri 1 Jember, Dua Siswa SMA Nuris Sabet Juara Olimpiade Matematika Se-Jember)

Di babak penyisihan dia harus mengerjakan kurang lebih 40 soal pilihan ganda. Babak penyisihan dilaksanakan tanggal 3 Maret 2019 di rayon masing-masing dan diumumkan tanggal 7 Maret 2019. Sedangkan babak semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2019. Di babak penyisihan, Marisca berhasil menjadi 20 peserta terbaik dan berhak berlanjut ke babak semi final.

Di babak semifinal dia harus mengerjakan kurang lebih 15 soal esai dan berhasil menjadi lima peserta terbaik serta berlanjut ke babak final. Model babak final dalam kompetisi “Matriks” ini cukup susah karena terdiri dari tiga babak. Babak pertama final peserta diminta untuk mengambil gulungan kertas yang berisikan soal tertentu dan harus dikerjakan dalam waktu tiga menit. Babak kedua final dengan sistem adu cepat. Juri akan memutuskan tiga peserta terbaik untuk berlanjut ke final babak tiga yaitu presentasi. Peserta yang berada di urutan keempat dan kelima, secara otomatis akan menjadi juara harapan 1 dan 2.

Capaian prestasi ini semakin menambah raihan prestasi SMA Nuris Jember. Terbukti, siswa SMA Nuris Jember bisa bersaing dengan siswa asal sekolah bonafit lainnya. Dalam kompetisi tersebut Marisca berhasil bersaing dengan dua siswa asal SMA Negeri 1 Jember sebagai juara 1 dan juaara 2. Siswa asal MAN 2 Jember tampil sebagai juara harapan 1 dan siswa asal MAN 1 Jember tampil sebagai juara harapan 2.

“Kami bangga dengan siswa kami. Padahal Marisca sudah kelas XII tetapi semangatnya masih sangat luar biasa untuk mengikuti lomba. Di saat padat-padatnya ujian, dia masih bisa menyumbangkan prestasi untuk SMA Nuris Jember. Kami sangat bangga dengan capaian ini,” ungkap Rinci, staf waka kurikulum SMA Nuris Jember.

(baca juga: Tekankan Orasi Etika Berpolitik dalam Islam, Juara 3 Khitobah Se-Jawa Bali)

Marisca menyatakan, untuk memenangkan kompetisi harus sering berlatih soal. “Bisa itu karena terbiasa. Semakin saya sering berlatih soal, kemampuan saya akan semakin terasah. Selain itu, dengan sering berlatih soal membuat saya semakin percaya diri dalam kompetisi. Alhamdulilah di olimpiade “Matriks” kali ini kembali menyumbangkan piala untuk SMA Nuris Jember,” kata Marisca. (red/Yuv)

Related Post