Tips Hemat Ala Santri

Penulis: Deli Anisa Virca*

Assalamualaikum sahabat santri, gimana kabarnya? Kali ini kami akan berbagi tips tentang cara menabung uang jajan kalian supaya tak habis begitu saja. Jadi uang jajan dari orang tua bisa lebih bermanfaat untuk hal yang benar-benar kalian butuhkan, tak hanya sekedar untuk berfoya-foya. Yuk simak tips berikut!

Pertama simpan uang secukupnya di dompetmu, jangan terlalu banyak meletakkan uang tunai di dompetmu supaya tidak boros. Lakukan hal tersebut setiap hari, jadi uang jajanmu hari itu tidak akan berlebih.

(Baca juga: Tips dan Trik Sukses Hadapi Ulangan Dadakan)

Kedua sisihkan uang jajanmu setiap hari meskipun hanya dalam jumalh minimul Rp. 1000, 00 misalnya. Dalam sebulan kamu sudah dapat Rp.30.000,00. Lakukan hal itu setiap hari ya sahabat!

Ketiga jangan terlalu sering membeli hal-hal yang tidak penting. Belilah hal yang benar-benar kamu butuhkan saat ini.

Keempat batasi kegiatan yang dapat membuatmu mengeluarkan banyak uang. Misalnya membeli banyak makanan yang sebenarnya tidak terlalu kalian inginkan.

Kelima makan jatah dari pesantren, batasi membeli makan di kantin luar. Karena para santri sudah mendapat jatah makan sehari dua kali.

Keenam selalu membawa air mineral dari kamar, karena terkadang ketika kita merasa haus kita akan membeli minuman yang mahal, tanpa dapat mengontrol keinginan kita. Padahal sebenarnya kita hanya butuh minum saja.

(Baca juga: Tips Merawat Kulit Wajah Tetap Cantik)

Ketujuh titipkan separuh uang jajanmu kepada Ustad/ustadzah pesantren. Supaya kamu bisa mengontrol keuanganmu. Karena jika uangmu sudah habis sebelum waktunya kamu akan merasa segan untuk meminta kepada ustad/ustadzah.

Kedelapan catat setiap pemasukan dan pengeluaranmu. Supaya kamu tau apasaja yang telah kamu beli, dan jika sudah melibihi batas kamu dapat mengontrolnya.

Nah itu tadi tips dari kami, yuk belajar hemat sahabat santri. Menabung untuk masa depan. Semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post